Tips Budi Daya Tanaman Semangka


Pertanianku – Semangka ditanam dengan biji (benih). Benih disemai pada pot-pot plastik kecil, dapat pula pada blok tanah. Setiap pot ditanami satu biji. Media pot berupa campuran tanah dan pupuk kandang (1 : 1) steril. Setelah bibit berdaun dua helai (berumur empat minggu) dapat ditanam di kebun. Sebagai bibit dapat pula digunakan sambungan yang telah berdaun 2—3 helai.

Buah Semangka Studio Surip 14042010 (202)

Bibit ditanam dalam lubang ukuran 40 cm x 40 cm x 30 cm yang telah diberi pupuk kandang sebanyak 5 kg/lubang. Jarak lubang tanam 1 m x 2 m. Sebaiknya setiap dua baris tanaman dibuat selokan drainase. Lahan penanaman berupa guludan yang lebarnya 3,6 m dengan lebar selokan 40 cm. Selanjutnya, tanaman diberi pupuk buatan berupa campuran 100 kg urea, 200 kg TSP, dan 100 kg KCl per hektar. Pupuk diberikan dua kali pada umur dua minggu dan tiga minggu setelah tanam. Batang tanaman diatur agar menjalar ke kanan dan ke kiri dari arah barisan agar tidak saling bertindihan.

Lokasi penanaman semangka harus terbuka. Bila ternaungi, bunga betina yang tumbuh hanya sedikit. Bila bunga betina tidak muncul, sebaiknya ujung tanaman dipangkas agar bercabang dan merangsang keluarnya bunga betina. Tindakan memelihara sarang lebah madu di dekat tanaman semangka juga dapat meningkatkan produksi tanaman semangka.

Tanaman mulai berbunga pada umur 45—60 hari setelah tanam. Pemeliharaan tanaman yang penting adalah memberantas serangan hama, terutama kutu kuning dan hijau yang dapat menyebarkan penyakit virus mozaik serta hama-hama lain yang sering menggagalkan pertanaman semangka pada musim kemarau.

Pada usaha tani semangka secara komersial, penanaman menggunakan mulsa plastik hitam. Plastik ini dihamparkan di atas bedengan yang akan ditanami semangka. Pada plastik dibuat lubang tepat di atas lubang tanam. Untuk memudahkan pembuatan lubang plastik digunakan dasar kaleng bekas susu. Dasar kaleng dipanaskan, kemudian ditancapkan pada plastik tersebut sehingga terbentuk lubang. Selanjutnya, bibit semangka ditanam pada lubang plastik. Sebagai pengganti plastik dapat digunakan jerami padi atau bahan lainnya. Penggunaan mulsa ini dapat mencegah tumbuhnya gulma dan menjaga kelembapan tanah.

Baca Juga:  Lahan Pertanian Kering Juga Bisa Jadi Produktif

Tanaman semangka dibiarkan menjalar di atas mulsa plastik atau jerami, tidak dirambatkan pada ajir. Hal ini karena buahnya berat sekali hingga mencapai 6 kg/buah dan biasanya buah dibiarkan hingga tua.

Sumber: Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah