Tips Budidaya Bunga Mawar agar Rajin Berbunga

Pertanianku — Siapa yang tidak kenal bunga mawar, salah satu bunga potong yang cukup populer. Ada banyak kisah yang dipercayai di balik setiap warna bunga mawar. Daya tarik mawar membuat popularitas bunga ini tak pernah lekang oleh zaman. Banyaknya peminat mawar, terutama di hari-hari tertentu, membuat permintaannya tetap ada. Oleh karena itu, budidaya bunga mawar masih menjadi bidang usaha yang menjanjikan.

budidaya bunga mawar
foto: pexels

Budidaya bunga mawar terbilang cukup mudah, asalkan Anda mengetahui cara dan tips menanamnya. Berikut ini beberapa tips budidaya bunga mawar yang berguna untuk Anda ikuti.

Setek tanaman di waktu yang tepat

Setek bunga mawar sebaiknya dilakukan di awal musim panas. Kala itu mawar sedang mengalami kesuburan yang sempurna sehingga setek yang dibuat dapat menghasilkan bunga yang indah.

Sirami tanaman setiap pagi hari

Waktu yang tepat untuk menyiram tanaman mawar bukanlah sore hari, melainkan pagi hari. Dengan menyiram tanaman di pagi hari, air berlebih pada daun dan kelopak bunga dapat menguap saat terkena panas mentari.

Lakukan pemangkasan tanaman secara rutin

Pangkaslah cabang tanaman secara rutin. Pemangkasan ini berguna untuk memberi sirkulasi udara pada tanaman mawar. Selain itu, pemangkasan secara rutin juga dapat menghindari penyakit dan hama tanaman. Saat memangkas tanaman mawar, gunakanlah gunting. Pastikan gunting yang digunakan masih bermata tajam.

Kayu manis pelindung mawar

Tanaman mawar sangat rentan terhadap jamur. Oleh karena itu, saat repotting mawar, gunakanlah cinnamon atau kayu manis sebagai fungisida. Niscaya, jamur tak akan mengganggu tanaman mawar kita.

Berikan pupuk organik

Ada dua jenis pupuk yang dapat diberikan pada bunga mawar, yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik. Beri pupuk organik pada tanaman mawar. Jangan gunakan pupuk sintetis karena dapat meningkatkan kadar garam pada tanah.

Baca Juga:  Kementan Minta Pemda Proteksi Harga TBS Pekebun

Tidak semua bunga mawar harum

Tahukah Anda, tidak semua mawar memiliki aroma harum? Agar tak kecewa, pastikan dulu mawar yang Anda tanam merupakan mawar yang wangi semerbak.