Tips Budidaya Lobster Air Tawar untuk Pemula

Pertanianku— Penggunaan lobster air tawar terbilang cukup tinggi. Selain bisa dikonsumsi, lobster air tawar sering dipelihara karena warnanya yang indah. Budidaya lobster air tawar untuk pemula bisa dimulai dengan pembesaran lobster. Berikut ini beberapa tips untuk Anda yang baru saja ingin memulai budidaya lobster air tawar.

budidaya lobster air tawar
foto: pixabay

Kondisi lobster

Lobster yang akan dibesarkan sebaiknya adalah lobster jantan karena memiliki pertumbuhan yang lebih cepat. Selain itu, lobster betina lebih berguna untuk pembenihan lobster air tawar. Lobster yang akan digunakan harus dalam kondisi sehat, tidak memiliki penyakit dan luka atau parasit yang menempel pada kulitnya.

Loading...

Pilihlah benih lobster yang memiliki pergerakan yang tenang atau bergerak tidak beraturan. Perhatikan juga bagaimana nafsu makan lobster, apakah baik atau menurun.

Wadah budidaya

Berikan pengaman di sekitar wadah budidaya agar lobster tidak kabur. Hal ini dikarenakan lobster memiliki sifat pengembaraan yang tinggi dan bisa hidup di luar air selama 8—12 jam. Jika kolam yang digunakan adalah kolam tanah, kotoran yang mengendap di bagian bawah kolam harus dibersihkan secara berkala.

Kondisi lingkungan

Lingkungan dapat memengaruhi suhu air kolam budidaya. Untuk mengatasi suhu yang terlalu dingin, bisa dilakukan dengan menutup kolam.

Pengelolaan air

Manajemen air sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan lobster yang ada di dalamnya. Lobster sangat sensitif dengan kondisi air yang kurang baik. Proses pergantian air ditujukan untuk menghilangkan kotoran serta merangsang lobster untuk berganti kulit.

Anda bisa menggunakan penghangat air untuk menjaga suhu tubuh lobster agar tetap stabil, terutama pada lobster yang masih muda. Jika tingkat tebar yang digunakan terlalu tinggi, Anda membutuhkan aerator agar air kolam lebih stabil.

Baca Juga:  Jenis-jenis Ikan Patin yang Ada di Indonesia

Lakukan pengawasan dengan sampling

Anda harus rutin melakukan sampling untuk memonitor laju pertumbuhan lobster. Sampling dilakukan dengan mengelompokkan lobster berdasarkan keseragaman ukuran. Hal ini dikarenakan jika ukuran lobster berbeda-beda dalam satu kolam, dapat mengakibatkan munculnya sifat kanibalisme pada lobster yang berukuran besar.

Penyakit

Lobster biasanya rentan terkena penyakit yang disebabkan oleh protozoa, bakteri, jamur, atau virus. Anda harus mengobati lobster sesuai dengan jenis sakit yang dideritanya. Untuk meminimalisir serangan jamur, gunakan daun ketapang kering sebanyak 6—10 lembar dan tebarkan daun ke dalam kolam.

Loading...
Loading...