Tips Budidaya Lobster hias di Akuarium dengan Mudah


Pertanianku — Saat ini, sudah banyak peluang usaha dalam bidang budidaya hewan yang bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang. Salah satu peluang usaha yang bisa Anda lakukan ialah dengan budidaya lobster hias untuk akuarium. Tentunya keuntungan yang akan Anda dapatkan juga besar, terlebih lagi jika Anda menekuni bisnis ini dengan serius.

budidaya lobster hias
Foto: Shutterstock

Sangat penting bagi Anda untuk mempelajari cara budidaya lobster hias di akuarium sehingga hasil yang akan Anda dapatkan memiliki kualitas yang tinggi. Berikut tips budidaya lobster hias di akuarium dengan mudah.

  1. Menyeleksi induk

Anda harus memastikan apakah induk lobster yang dipilih merupakan indukan yang memiliki kualitas terbaik karena nantinya akan menghasilkan anakan yang terbaik pula. Selain itu, Anda juga harus memilih indukan dengan jenis kelamin yang berbeda karena jika tidak, lobster tidak akan berkembang biak.

Untuk indukan lobster jantan, ada tonjolan yang terdapat pada kaki nomor lima jika Anda menghitungnya dari capit. Pada capit tersebut biasanya Anda akan menemukan warna merah. Sementara itu, untuk indukan betina unggul, Anda akan menemukan adanya bulatan yang terdapat pada pangkal kaki nomer tiga.

  1. Memberi pakan yang bergizi

Pemberian pakan merupakan salah satu faktor penentu kualitas lobster yang Anda miliki. Dengan memberikan makanan yang baik dan bergizi, tentunya Anda akan mendapatkan lobster dengan kualitas terbaik pula.

Untuk waktu pemberian makannya, yaitu sebanyak dua kali dalam sehari, pagi dan sore hari. Disarankan untuk memberi pakan yang lebih sedikit di pagi hari. Sementara, untuk sore hari dapat diberi pakan dengan takaran yang lumayan banyak. Untuk jenis pakan yang menjadi favorit serta memang diketahui bergizi adalah Anda bisa menggunakan butiran pelet yang bisa tenggelam di dalam air.

  1. Pastikan pasokan oksigen cukup

Faktor lain yang menentukan pertumbuhan lobster adalah kualitas pasokan oksigen yang ada di akuarium. Oleh karena itu, Anda membutuhkan beberapa peralatan khusus yang bisa digunakan untuk memastikan pasokan oksigennya cukup seperti aerator atau alat-alat akuarium lainnya.

  1. Jangan sampai ada kanibalisme ketika mouting

Mouting merupakan sebuah proses pergantian cangkang lobster karena ukurannya yang sudah semakin besar sehingga cangkang yang lama tidak muat lagi. Pada tahap ini, lobster akan mengeluarkan bau amis yang bisa menjadi pemicu lobster lainnya untuk memakan lobster yang berganti cangkang tersebut. Oleh karena itu, disarankan untuk menyediakan akuarium khusus ketika proses ini terjadi. Dengan begitu, hal ini akan mencegah lobster Anda untuk memakan lobster lainnya.