Tips Budidaya Tanaman Duku


Pertanianku – Duku ditanam pada jarak tanam 6—8 m dalam lubang tanam berukuran 60 cm x 60 cm x 50 cm. Setiap lubang diberi pupuk kandang matang sebanyak 20 kg/ lubang. Bibit ditanam pada umur 1—2 tahun atau setelah mencapai tinggi 75 cm lebih.

duku 3Pupuk buatan berupa campuran 100 g urea, 50 g P2O5, dan 50 g KCl/ tanaman diberikan empat kali dengan selang tiga bulan sekali. Setelah ditanam, bibit harus diberi naungan dengan atap daun kelapa atau jerami kering. Kondisi lahan di sekitar bibit harus dijaga agar tetap lembap.

Pada musim kemarau dianjurkan di sekitar batang tanaman diberi mulsa jerami kering. Mulsa tidak boleh menutup bagian pangkal batang. Hal ini untuk mencegah serangan rayap yang tidak terlihat dan mencegah leher batang terlalu basah. Pemeliharaan selanjutnya adalah pembersihan tanaman dari lumut kulit batang (Lichenes) dan parasit (benalu). Bibit dari biji mulai berbuah pada umur 8—17 tahun, tergantung pemeliharaan. Biasanya tanaman berbunga pada bulan Desember—Januari.

Kayu pohon duku cukup keras untuk bahan bangunan. Kulit buah duku dikeringkan untuk obat nyamuk atau “setanggi”. Sementara itu, babakan (kulit batang) dapat digunakan untuk obat tradisonal, yaitu penyakit demam. Selain sebagai buah meja, daging buahnya belum pernah dikalengkan (canning). Namun, berpotensi untuk diusahakan sebagai buah yang dikalengkan. Bijinya terasa pahit bila ikut termakan.

 

Sumber: Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

 

Baca Juga:  Tips Rahasia Merawat Cabai di Musim Hujan