Tips Cara Menjual Kambing untuk Peternak Pemula

Pertanianku — Sering kali pemasaran menjadi hambatan untuk peternak pemula yang baru saja memulai usaha. Menjual kambing memang terbilang susah-susah-gampang, banyak peternak yang justru menyerah karena kesulitan mencari cara penjualan yang benar. Berikut ini tips menjual kambing untuk peternak pemula.

menjual kambing
foto: pertanianku

Rajin berkunjung ke pasar hewan

Sebelum Anda beternak, sebaiknya rajin mengunjungi pasar hewan. Amati setiap transaksi yang biasa terjadi antara penjual dan calon pembeli. Dengan mengamati secara langsung, Anda bisa mendapatkan gambaran tentang cara menjual kambing yang benar. Biasanya, pengamatan tidak cukup dilakukan sekali. Anda perlu melakukannya sebanyak 2 sampai 3 kali hingga benar-benar mengerti.

Selain memahami cara transaksi, rajin mengunjungi pasar hewan akan membantu Anda mengetahui harga pasaran yang sedang berlaku, selisih harga jual, dan harga beli ternak kambing pada umumnya.

Jalin komunikasi yang baik

Jalin hubungan komunikasi yang baik dengan salah satu pekerja di pasar hewan agar Anda bisa mendapatkan informasi mengenai harga atau calon pembeli dengan mudah. Menjalin komunikasi juga perlu dilakukan pada calon pembeli agar mereka terkesan dengan pelayanan Anda. Namun, jangan lupakan ternak, Anda juga perlu menghasilkan ternak berkualitas agar konsumen tertarik pada komoditas yang Anda tawarkan.

Proses penjualan juga dapat dipermudah dengan menggunakan selebaran atau mengumumkan bahwa Anda bisa memasok kebutuhan kambing. Jangan lupa untuk meninggalkan kontak telepon agar calon konsumen mudah menghubungi Anda.

Lakukan penawaran secara langsung

Lakukan penawaran secara langsung kepada calon pembeli. Lakukan sebanyak-banyaknya agar usaha Anda bisa lebih diketahui oleh orang-orang. Pemasaran juga bisa dilakukan melalui media sosial, buat flyer semenarik mungkin dan mudah dibaca oleh pengguna media sosial.

Mungkin percobaan pertama dan kedua dalam pemasaran masih kurang berhasil, tetapi Anda tidak boleh menyerah. Lakukan secara konsisten sambil terus menjaga kualitas ternak.

Baca Juga:  Kiat Sukses Mencegah Burung Puyuh Kanibal

Perbesar skala usaha

Setelah sudah memiliki banyak pelanggan, langkah selanjutnya adalah memperbesar usaha ternak Anda dan menjaga kepercayaan pelanggan. Setelah sampai di tahap ini, pelanggan akan datang sendiri tanpa Anda perlu mencarinya. Namun ingat, perjuangan untuk sampai tahap ini memang tidak mudah, Anda perlu terus belajar dari kegagalan yang sudah dilalui.


loading...