Tips Cerdik Mengupas Kulit Udang dengan Mudah


Pertanianku — Ada banyak orang yang memilih untuk mengupas dan membuang kulit lunak udang saat hendak mengonsumsinya. Namun, tak semudah kelihatannya. Ada beberapa trik khusus yang harus Anda lakukan saat mengupas kulit udang agar daging tidak ikut tertarik dan tidak memengaruhi tampilan udang. Berikut ini tips cerdiknya.

mengupas kulit udang
Foto: Pixabay
  1. Gunakan garpu

Trik pertama yang bisa anda lakukan untuk mengupas kulit lunak udang adalah dengan menggunakan garpu. Agar lebih mudah, pastikan Anda memotong bagian kepala udang terlebih dahulu. Jika sudah, masukkan ujung garpu ke bagian tengah punggung udang secara hati-hati, lalu tarik garpu tersebut ke belakang sampai kulit udang terpotong. Selanjutnya, Anda tinggal mengupas sisa kulit udang. Sebaiknya, cara ini dilakukan pada udang yang berukuran sedang atau besar ya, agar daging udang tidak hancur.

  1. Gunakan gunting

Selain menggunakan garpu, Anda juga bisa mengupas kulit udang dengan gunting. Caranya hampir sama, yaitu potong kepala udang. Setelah itu, Anda bisa mulai menggunting kulitnya dari bagian tengah punggung sampai ke ekor.

Jika sudah, Anda tinggal mengupasnya ke arah luar. Kulit udang pun bisa terlepas dengan rapi tanpa merusak bagian dagingnya. Agar lebih mudah, gunakan gunting kecil yang tajam untuk mengupas udang tersebut.

  1. Iris kulit udang

Jika ingin memasak udang secara utuh tanpa membuang kepalanya, Anda bisa menggunakan teknik ini. Caranya sangat mudah, cukup iris kulit udang di bagian tengah punggungnya, lalu kupas secara perlahan. Pastikan Anda mengiris udang perlahan dan jangan terlalu dalam agar daging udang tidak ikut terpotong. Jangan lupa juga membersihkan kotoran berbentuk benang kehitaman yang berada di punggung udang.

  1. Tarik kulit udang

Cara termudah mengupas kulit udang tanpa alat adalah dengan menarik kulitnya. Sebelumnya, pastikan posisi udang menghadap ke Anda, lalu tarik kulit udang dari ekornya sedikit demi sedikit. Saat menarik kulit udang, pastikan Anda melakukan secara perlahan agar bagian daging udang tidak robek. Selain itu, agar seluruh kulitnya bisa terlepas dalam satu tarikan saja.

Baca Juga:  Pecinta Seafood Mungkin Menelan Hingga 11.000 Mikroplastik