Tips Dalam Memilih Induk Kelinci


Pertanianku   Usaha budi daya kelinci potong bertujuan untuk menghasilkan kelinci yang memiliki tingkat pertumbuhan tinggi, kualitas daging yang bagus, dan menghasilkan proporsi karkas yang tinggi. Untuk mencapai tujuan tersebut, induk kelinci harus dipilih dari jenis kelinci yang berbobot badan tinggi dengan kualitas daging yang baik. Secara spesifik, induk kelinci harus mempunyai sifat fertilitas tinggi, tidak mudah nervous, tidak cacat, mata bersih dan terawat, bulu tidak kusam, serta lincah atau aktif bergerak. Induk betina yang bagus harus memiliki kriteria sebagai berikut.

Budidaya Pembibitan Kelinci Tahap Awal

– Diketahui tetuanya atau dengan kata lain mempunyai catatan produksi (jumlah anak per kelahiran, daya tumbuh, dan lain-lain) serta catatan reproduksi (service per conception, fertilitas, keadaan alat reproduksi, dan lain-lain).

– Seluruh anggota tubuh bersih, kondisi fisik yang normal (seperti keadaan tubuh seimbang), tidak cacat, badan sehat, mata bersinar, bulu yang bersih dan tidak kusut, serta telinga tegak/lurus.

– Lincah dan cocok dengan lingkungan setempat.

– Minimal memiliki berat badan standar sesuai ras dan faktor pemeliharaan.

– Kelinci jenis kecil normalnya siap untuk dikawinkan pada umur lima bulan, kelinci jenis sedang pada umur enam bulan, dan kelinci jenis besar pada umur delapan bulan.

– Tingkah laku tidak nervous dan memiliki kemampuan yang baik dalam merawat anak, mempunyai puting susu lebih dari delapan buah, dan mempunyai cukup bulu untuk membuat sarang.

Sementara itu, induk jantan yang bagus harus memiliki kriteria sebagai berikut.

– Diketahui tetuanya atau mempunyai catatan produksi (daya tumbuh dan lain-lain) serta catatan reproduksi (service per conception, fertilitas, keadaan alat reproduksi, dan lain-lain).

– Seluruh anggota tubuh bersih, fisik normal, badan sehat, mata bersinar, bulu bersih dan tidak kusut, serta telinga tegak/lurus.

– Enerjik, lincah, dan cocok dengan lingkungan setempat.

– Berat badan minimal telah mencapai 2,5 kg .

– Untuk jenis kelinci kecil, telah berumur enam bulan, kelinci sedang tujuh bulan, dan kelinci besar sembilan bulan.

– Seekor pejantan mampu melayani 10 ekor betina.

 

Sumber: Buku Kelinci Potong

loading...
loading...