Tips dalam Memupuk Anthurium

Memupuk Anthurium

Berikut adalah tips dalam memupuk Anthurium:

  • Gunakan pupuk slow release secara kontinu

Pupuk slow release merupakan pupuk lambat urai yang berbentuk butiran-butiran kecil dan berfungsi sebagai pupuk dasar. Pupuk ini diberikan dengan cara ditaburkan di atas media tanam. Dosis yang dianjurkan adalah 2—3 sendok makan untuk tanaman dewasa dan 1 sendok makan untuk tanaman muda. Beberapa contoh pupuk slow release yang biasa digunakan adalah Dekastar, Magam Plus K, Dekamform, dan Osmocote.

Pupuk lambat larut ini hanya mampu bertahan sekitar 6 bulan sehingga perlu ditambahkan kembali ke media tanam pada bulan ke-5. Namun, jika berencana akan membongkar media tanam pada bulan ke-6, dapat menambahkan pupuk ini ke media tanam baru.

  • Tambahkan pupuk lanjutan untuk membantu masa pertumbuhan

Pertumbuhan tanaman tidak cukup hanya dibantu dengan pupuk dasar, tetapi perlu pupuk tambahan berupa pupuk daun atau pupuk akar. Jika menggunakan pupuk daun, pilih yang mengandung N tinggi. Pemberiannya dengan cara disemprotkan ke daun. Frekuensi pemberian pupuk daun adalah dua kali seminggu dengan dosis 1 gram per liter air. Pupuk akar diberikan sebulan sekali dengan dosis 1/2 sendok teh. Pemberiannya dengan cara ditaburkan di atas media tanam.

  • Berikan pupuk khusus untuk mempercepat munculnya tongkol

Untuk memacu munculnya tongkol, gunakan pupuk khusus, yaitu pupuk yang mengandung P dan K tinggi. Pemberian pupuk tersebut dilakukan saat tanaman memasuki masa pembungaan. Caranya dengan menyemprotkan pupuk ke seluruh daun dengan dosis 2 gram per liter air. Frekuensi pemberiannya 2 kali seminggu. Umumnya setelah 1—2 bulan kemudian, akan bermunculan bakal bunga yang kemudian berkembang menjadi tongkol.

  • Lakukan pemupukan tepat waktu

Waktu yang tepat untuk mengaplikasikan pupuk adalah antara pukul 06.00—07.00 (pagi hari) atau antara pukul 17.00—18.00 (sore hari). Jangan melakukan pemupukan pada siang hari, terutama saat matahari terik. Hal ini akan berdampak buruk pada daun, yaitu bisa menyebabkan daun terbakar, menguning, dan layu.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Penyakit Busuk Lunak Bunga Anggrek

 

Sumber: Buku 88 tips dan trik jawara Anthurium


loading...