Tips dan Trik Membuat Lengkeng Matalada Rajin Berbuah dengan Lebat

Pertanianku — Permasalahan yang kerap kali dialami saat menanam lengkeng matalada adalah pohon yang sulit berbuah. Sebelum Anda melakukan tindakan agar pohon berbuah, Anda harus pastikan pohon sudah melewati masa vegetatif. Ada banyak cara untuk merangsang pembuahan pada pohon lengkeng berbiji kecil ini, simak ulasannya.

lengkeng matalada
foto: Pertanianku

Pemupukan

Salah satu penyebab pohon sulit berbuah adalah pemupukan yang tidak sesuai. Terkadang kandungan pupuk diabaikan, padahal kandungan pupuk sangat menentukan proses pembuahan tanaman. Pohon yang sudah memasuki pembuahan sebaiknya diberikan pupuk P dan K yang lebih besar. Jangan malah memberikan pupuk dengan kandungan N (nitrogen).

Pada dasarnya nitrogen sudah didapatkan dari air. Jika ditambahkan dengan pupuk N yang tinggi, pertumbuhan akan lari ke daun dan menyebabkan pertumbuhan pohon terhambat.

Pengairan

Pengairan harus dilakukan secara rutin setiap satu hari sekali pada pagi hari. Pohon lengkeng matalada bisa ditanam kapan saja asalkan penyiraman dilakukan secara rutin. Namun, ketika ingin merangsang pertumbuhan pohon, Anda bisa melakukan stres air atau pengurangan intensitas serta interval penyiraman.

Stres air dapat dilakukan dengan mengurangi volume air yang diberikan. Misalnya, jika Anda terbiasa memberikan penyiraman sebanyak 1 liter, kurangi menjadi 0,5 liter. Selain itu, interval penyiraman juga dikurangi. Kalau biasanya Anda menyiram satu hari sekali, kini penyiraman dilakukan dua hari sekali.

Jika setelah pengurangan penyiraman, pohon masih dapat tumbuh baik, Anda masih bisa mengurangi volume air menjadi 250 ml. Setelah dikurangi ternyata pohon sudah terlihat menjadi layu, Anda sudah tidak bisa mengurangi volumenya. Lakukan penyiraman dengan volume dan interval tersebut hingga daun yang tua berguguran dan muncul bunga. Setelah bunga muncul, stres air dapat dihentikan.

Sinar matahari

Baca Juga:  Cara Memberikan Pupuk Daun pada Tanaman Cabai

Sinar matahari juga memengaruhi proses pembungaan. Pastikan pohon mendapatkan sinar matahari secara cukup dengan cara rutin memangkas cabang yang terlalu rimbun atau hindari menanam pohon lengkeng di bawah naungan pohon atau bangunan. Pemangkasan harus dilakukan dekat dengan cabang utama, jangan hanya di bagian ujung cabang.

Perangsang buah

Jika sudah diberikan pupuk dengan kandungan P dan K yang tinggi tetap tidak mempan membuat pohon berbuah, Anda bisa memberikan ZPT (zat perangsang tumbuh) khusus untuk pembuahan seperti ZPT Patrol atau Goldstar yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di Toko Trubus.

Untuk keperluan bertanam lengkeng matalada, Anda bisa mendapatkannya di Toko Trubus. Pada November ini, ada promo menarik di Toko Trubus untuk bibit lengkeng matalada. Selain bibit lengkeng matalada, Anda juga bisa mendapatkan pot, media tanam, pupuk dan pestisida, serta berbagai peralatan dan perlengkapan berkebun. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau mengunjungi Toko Trubus terdekat di kota Anda.

 


loading...