Tips dan Trik Menanam Asparagus

Pertanianku — Dahulu tanaman ini tumbuh subur di daerah Mediterania dan sebagian Asia Timur. Orang Yunani dan Romawi Kuno memanfaatkan tanaman ini sebagai obat sakit gigi. Sebenarnya, orang Indonesia sudah sejak dahulu menanam asparagus. Namun, baru pada 1987 tanaman ini mulai dikenal oleh banyak orang sebagai sayuran. Asparagus merupakan sayuran rebung atau umbi yang bisa disajikan dalam bentuk segar. Meskipun demiikian, hingga saat ini masih banyak yang belum kenal dengan sayuran ini.

menanam asparagus
foto: pixabay

Anda bisa menanam asparagus sendiri di rumah untuk keperluan pribadi. Meskipun belum terlalu terkenal seperti jenis sayuran yang lain, sayuran ini memiliki prospek peluang yang cukup besar jika dikelola secara baik. Pasalnya, sebagian besar tanaman ini dijual di toko swalayan. Berikut ini tips dan trik menanam asparagus.

Lokasi menanam

Loading...

Asparagus bisa tumbuh subur di dataran tinggi antara 800—2.000 mdpl dengan suhu sekitar 10—20°C. Asparagus tetap bisa tumbuh di dataran rendah dan menghasilkan umbi. Namun, umbinya berserat kasar sehingga kurang lezat untuk dikonsumsi dan harga jualnya pun menjadi lebih rendah.

Kondisi tanah

Tanaman ini membutuhkan tanah yang subur, mengandung sedikit pasir, pH tanah normal, daerahnya lembap dan terbuka. Jangan pernah menanam asparagus di daerah yang berkabut karena dapat menimbulkan penyakit daun dan rebung yang dihasilkan pun sangat sedikit karena pertumbuhan tanaman yang terhambat.

Bibit asparagus

Asparagus ditanam dari bibit crown yang diperoleh dari asparagus jantan yang dibibitkan khusus. Sebelum ditanam di lahan, crown disemai terlebih dahulu di tempat persemaian hingga tumbuh tunas setinggi 50 cm. Setelah itu, bibit baru dipindahkan ke parit yang sudah diolah terlebih dahulu. Parit tersebut harus diberikan pupuk kandang sebanyak 40 ton/hektare.

Baca Juga:  Cara Penanganan Pascapanen Cabai Segar yang Tepat

Cara memelihara

Proses pemeliharaan yang harus dilakukan adalah pendangiran, penyiangan gulma, pemupukan, pemangkasan batang, dan pemberantasan hama seperti penyakit yang mengancam tanaman. Tanaman akan menghasilkan rebung yang bermutu apabila ditanam di tanah yang gembur, subur, dan sehat.

Panen asparagus

Asparagus sudah bisa dipanen setelah berumur 8—18 bulan dari tanam. Tanaman biasanya akan memiliki 3—5 anakan tiap rumpun. Rebung yang siap dipanen akan muncul ke permukaan tanah atau tanah di sekitar terlihat retak.

Loading...
Loading...