Tips dan Trik Menyusun Formulasi Pakan Itik yang Tepat

PertaniankuFormulasi pakan itik harus dibuat dengan tepat agar itik bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Dalam merancang formula, Anda harus memerhatikan banyak hal, mulai dari kandungan hingga bahan yang digunakan. Pasalnya, pakan yang tepat dapat mendukung perkembangan itik sehingga pertumbuhannya bisa berjalan optimal. Berikut ini beberapa tips untuk Anda yang tertarik menyusun formulasi pakan itik sendiri.

formulasi pakan itik
foto: Pertanianku

Sesuaikan dengan jenis dan tahapan perkembangannya

Salah satu tujuan membuat formulasi pakan itik sendiri adalah mengefisiensikan biaya pakan. Biaya dapat efisien jika pakan yang dibuat disesuaikan dengan jenis serta tahapan perkembangan yang sedang dialami oleh itik. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui dengan pasti kebutuhan itik di setiap perkembangannya.

Memang terkesan rumit, tapi tenang saja, saat ini sudah banyak buku-buku referensi yang membahas cara pembuatan formulasi ransum sesuai dengan jenis dan tahapan pertumbuhan itik. Misalnya, buku Itik, Potensi Bisnis dan Kisah Sukses Praktisi yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Di dalam buku tersebut membahas formula pakan itik petelur dan pedaging sesuai dengan tahapan perkembangannya. Untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.

Pastikan kontinuitas bahan pakan

Bahan pakan yang digunakan harus selalu tersedia agar pembuatan pakan bisa berlangsung secara terus-menerus. Pasalnya, itik tidak bisa mengalami pergantian pakan secara mendadak apabila bahan yang dibutuhkan sedang tidak tersedia. Pergantian pakan bisa dilakukan secara perlahan-lahan hingga itik terbiasa dengan pakan barunya.

Harga bahan

Salah satu tujuan pembuatan formulasi pakan sendiri adalah mengefisiensikan bahan pakan. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahan yang dibuat untuk pembuatan pakan murah dan terjangkau agar usaha yang Anda lakukan tidak sia-sia.

Baca Juga:  Tren Ekspor Sarang Burung Walet Mengalami Kenaikan yang Signifikan

Tambahkan multivitamin

Itik juga memerlukan tambahan vitamin meskipun dalam jumlah yang lebih kecil. Vitamin bekerja untuk membentuk enzim dan hormon di dalam tubuh, sedangkan mineral berfungsi untuk pertumbuhan dan produktivitas itik. Anda bisa menambahkan vitamin melalui air minum itik. Penggunaan dosis vitamin harus mengikuti anjuran yang sudah tertera di balik kemasan. Jangan gunakan vitamin secara berlebihan, gunakan secara teratur dan rutin.

 


loading...