Tips dan Trik Merawat Anggrek di Dalam Ruangan


Pertanianku — Anggrek adalah tanaman hias yang memiliki bunga yang sangat indah. Tanaman anggrek bisa ditanam di dalam ruangan dengan menggunakan pot. Untuk merawat anggrek di dalam ruangan perlu memerhatikan beberapa hal penting agar tanaman anggrek Anda tumbuh dan berbunga dengan maksimal.

merawat anggrek di dalam ruangan
Foto: Shutterstock

Berikut ini beberapa tips merawat anggrek di dalam ruangan.

  1. Menanam anggrek dengan pot kecil

Karena dipajang di dalam ruangan atau di meja kerja dengan tempat yang terbatas, lebih ideal jika menanam anggrek menggunakan pot yang kecil.

  1. Jangan lupa memberi nutrisi

Agar tanaman tumbuh subur dan berbunga, jangan lupa memberi pupuk atau nutrisi. Berilah pupuk atau nutrisi sesuai dengan kebutuhannya. Gunakan pupuk yang khusus diperuntukkan bagi tanaman anggrek.

  1. Letakkan pada tempat yang terkena cahaya matahari

Selain nutrisi atau pupuk, anggrek akan tumbuh baik jika mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Akan tetapi, jangan terlalu panas, letakkan tanaman anggrek pada tempat yang terang dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

  1. Gunakan lampu

Jika ruangan tempat Anda memajang tanaman anggrek tidak memungkinkan masuknya cahaya matahari, gunakanlah lampu. Letakkan lampu sedemikian rupa sehingga tanaman anggrek dapat tersinari dengan baik. Tanaman anggrek membutuhkan cahaya yang cukup agar tumbuh dengan sehat.

  1. Perhatikan suhu ruangan

Tanaman anggrek membutuhkan suhu yang berbeda-beda, sesuai dengan jenis dan varietasnya. Agar tumbuh sehat, sesuaikan suhu ruangan Anda dengan jenis anggrek yang dimiliki. Tanaman anggrek membutuhkan suhu dingin, hangat, atau sedang. Tanamlah jenis anggrek yang seusai dengan suhu ruangan Anda.

  1. Jangan sampai kekeringan

Anggrek merupakan tanaman tropis dengan habitat aslinya yang lembap. Karena itu, agar tanaman anggrek Anda tidak mati, jagalah agar tetap lembap dan tidak kekeringan. Akan tetapi, jangan sampai terlalu banyak memberikan air, agar tanaman anggrek tidak rusak karena akar yang membusuk. Siramlah secukupnya saja.

Baca Juga:  Tips Sederhana Merawat Taman Vertikal