Tips dan Trik Supaya Bunga Durian tidak Rontok

Pertanianku — Harapan besar pada durian untuk berbuah akan ditentukan pada saat masa berbunga, yang mana harus benar-benar diperhatikan dan dirawat dengan baik. Akan tetapi, hal yang paling ditakutkan yakni dengan kerontokan bunga bisa saja terjadi, tentu saja dengan begitu potensi gagal berbuah akan sangat besar. Oleh karena itu, Anda memerlukan tips dan trik supaya bunga durian tidak rontok seperti berikut ini.

supaya bunga durian tidak rontok
Foto: Google Image

Antisipasi rontok akibat faktor fisiologis kimiawi

Salah satu penyebab kerontokan adalah akibat adanya malnutrisi seperti kekurangan unsur hara, fosfat, dan kalium. Bila hal ini dibiarkan, kerusakan pada bunga bisa lebih parah apalagi dengan pasokan air yang terbatas. Untuk mengantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya Anda memberikan pupuk kalium, baik itu bentuk tunggal maupun dengan komposisi lain.

Loading...

Berikan pupuk yang memiliki unsur K (kalium) seawal mungkin sebelum pembungaan dan setelah penyerbukan bunga berlangsung. Anda juga bisa mengombinasikan dengan pupuk fosfat seperti pupuk MKP (mono kalium phosphate) ataupun KH2PO4. Kemudian, pastikan pasokan air cukup dan perhatikan kelembapan tanah. Jangan sampai air becek atau menggenangi tanaman.

Antisipasi rontok akibat faktor biologis

Penyebab masalah rontok pada bunga durian karena faktor biologis bisa beraneka ragam, baik melalui hama maupun penyakit. Hama yang menyerang sendiri bisa berawal pada saat terjadinya kelopak bunga sampai dengan pembentukan bakal buah setelah penyerbukan pada putik oleh benang sari. Oleh karena itu, langkah untuk mengantisipasinya, yaitu bisa dilakukan dengan pemberian obat antihama yang disemprotkan pada tanaman durian.

Antisipasi kerontokan akibat faktor fisik

Rontok bisa terjadi akibat gangguan luar atau faktor fisik akibat curah hujan yang tinggi. Hal ini membuat penyerbukan pada putik tidak sempurna karena air akan menghalangi proses penyerbukan secara normal. Hal inilah yang menyebabkan bunga rontok sebelum terjadinya proses pembuahan. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa melakukan hal seperti berikut.

Baca Juga:  Atasi Lalat Buah yang Menyerang Tabulampot, Hama Penyebab Buah Busuk

Adapun langkah antisipasi yang bisa diambil, yaitu Anda perlu melakukan penyerbukan secara manual. Hal ini akan sangat efektif supaya bunga mampu menuju ke proses pembuahan meskipun rontok saat intensitas curah hujan yang tinggi.

Loading...
Loading...