Tips Idealkan Penempatan Akuarium Anda


Pertanianku – Setelah dibeli dari toko, tempatkan akuarium di tempat yang telah disediakan sebelumnya. Berikut beberapa tips menempatkan akuarium yang ideal.

Idealkan Penempatan Akuarium Anda

  • Sesuaikan dengan komposisi perabot rumah sehingga akuarium dan ikan hias di dalamnya dapat berfungsi sebagai pelengkap dari interior rumah.
  • Letakkan akuarium pada tempat yang tidak terlalu sering dilalui oleh orang, misalnya pojok ruang keluarga. Selain itu, letakkan di tempat yang kokoh sehingga bila digoyahkan, akuarium tidak mudah jatuh.
  • Tempatkan akuarium agak jauh dari arah datangnya sinar matahari karena sinar matahari dapat memicu pertumbuhan Alga atau lumut dalam kuarium sehingga harus lebih cepat dibersihkan dan juga menyebabkan suhu air dalam akuarium meningkat.
  • Jangan menempatkan akuarium di dekat pintu keluarmasuk karena angin yang masuk dari luar dapat membuat suhu dalam akuarium terpengaruh/berubah.
  • Jangan meletakkan akuarium terlalu menempel pada dinding, tetapi sisakan jarak kurang lebih 15 cm dari dinding belakang agar ada ruang untuk meletakkan barangbarang perlengkapan akuarium atau setidaknya akan mempermudah Anda ketika melakukan pembersihan akuarium.

Memilih dudukan atau tempa meletakkan akuarium sama pentingnya dengan memilih akuarium. Dudukan akuarium harus dipilih yang kuat dan kokoh sehingga dapat menahan beban akuarium dan juga pas dengan akuariumnya. Beberapa jenis material yang dapat dijadikan sebagai dudukan akuarium antara lain kayu, besi, atau logam. Namun, jangan memilih dudukan akuarium dari bahan kayu partikel karena mudah rapuh dan lapuk.

 

Sumber: Buku 200 Tips Merawat Ikan Hias Di Rumah

 

Baca Juga:  Begini Cara Merawat Ikan Hias Air Laut yang Baik dan Benar
loading...
loading...