Tips Investasi Hewan Ternak untuk Kurban

Pertanianku — Idul Adha juga sering disebut hari raya kurban karena akan ada binatang ternak seperti kambing dan sapi yang akan dikurbankan. Bagi investor, Anda bisa melakukan strategi investasi untuk memanfaatkan momen ini sehingga tidak lepas begitu saja. Ada beberapa tips investasi hewan ternak untuk kurban yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan banyak penghasilan di Idul Adha nanti.

tips investasi hewan ternak untuk kurban
Foto: Pixabay
  1. Beli hewan ternak dari kampung atau depot

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membeli kambing atau sapi dari kampung atau depot ternak. Alasannya, harga akan lebih murah jika dibandingkan dengan harga ternak di perkotaan. Jangan lupa, pastikan tempat ternak tersebut aman dari aksi gelonggongan atau bentuk pelanggaran lain. Bila perlu, belilah hewan ternak dari kelompok peternak. Biasanya, selain ada kelompok tani, di suatu kampung ada juga kelompok peternak.

  1. Beli hewan ternak umur 10 bulan

Disarankan agar membeli sapi atau kambing yang masih muda seperti saat berumur 10 bulan. Dengan begitu, Anda masih memiliki cukup waktu untuk merawatnya hingga kambing atau sapi yang akan dijual memenuhi syarat untuk dijadikan hewan kurban sesuai dengan tuntutan syariat Islam. Usia 10 bulan cukup untuk kemudian dirawat dan digemukkan dalam waktu 5 atau 6 bulan secara sehat pada saat hari raya Idul Adha mendatang.


Loading...
  1. Beli hewan ternak jauh-jauh hari

Jika Anda membeli dalam waktu yang dekat, bukan saja harga yang sudah naik, melainkan juga keuntungan yang sedikit. Oleh karena itu, belilah sapi atau kambing jauh-jauh hari. Paling tidak, beberapa bulan sebelum hari raya Idul Adha datang.

Jadi, Anda bisa membeli hewan ternak tersebut dengan harga yang lebih murah daripada menjelang Idul Adha. Selain itu, Anda akan memiliki waktu untuk melakukan penggemukan.

  1. Rawat dan lakukan proses penggemukan
Baca Juga:  Kental dengan Imej Daerah, Ini Jenis Sapi Asli Indonesia

Dengan membeli hewan ternak saat jauh-jauh hari, harga yang ditawarkan kepada Anda tentunya akan lebih murah. Setelah itu, lakukan strategi investasi hewan ternak dengan cara menggemukkannya secara sehat dan sesuai prosedur.

Beri makan sehat dan bila perlu multivitamin yang akan merangsang nafsu makan dan pertumbuhan serta bobot dagingnya. Rawatlah dengan baik karena akan berbeda hewan ternak yang dirawat dengan baik dan tidak walau sama-sama gemuk.

  1. Pelajari pengetahuan tentang hewan kurban

Ini sangat penting. Anda harus paham tentang pemilihan hewan kurban menurut syariat Islam sehingga Anda akan merawat hewan ternak tersebut hati-hati. Selain itu, nantinya Anda juga hanya akan menjual hewan kurban yang memang sudah memenuhi kriteria.

Jangan hanya karena keuntungan kemudian tidak mengindahkan poin ini. Ingat, hewan kurban dibeli untuk beribadah sehingga berikan yang terbaik kepada pembeli agar ibadah kurbannya semakin sempurna.

  1. Jual di tempat strategis

Anda bisa menjual di berbagai tempat strategis. Halaman depan atau samping rumah bisa dijadikan kandang sementara atau tempat lain yang memungkinkan. Jika Anda memilih tempat di pinggir jalan, pastikan Anda sudah mendapatkan izin dan tetap mematuhi serta menghormati hak-hak pengguna jalan seperti menjaga kebersihan jalan dan lain sebagainya.

Loading...
Loading...