Tips Jitu agar Panen Jangkrik Lebih Cepat

Pertanianku — Usia panen jangkrik bisa dipengaruhi oleh faktor eksternal sehingga panen bisa dilakukan lebih cepat atau lebih lambat. Faktor eksternal tersebut adalah pakan dan suhu di dalam kandang. Jadi, panen jangkrik tidak melulu ditentukan oleh lama umur jangkrik dari menetas hingga mencapai ukuran yang diinginkan. Ada tips jitu agar panen jangkrik lebih cepat.

panen jangkrik
foto: pertanianku

Jangkrik yang selalu mendapatkan pakan bergizi tinggi biasanya sudah bisa dipanen setelah berusia 20—25 hari. Panen tersebut lebih singkat dari waktu normal untuk panen jangkrik yang biasanya dilakukan pada usia jangkrik 28—30 hari. Suhu kandang yang bagus untuk menunjang pertumbuhan jangkrik adalah 30°C.

Panen yang bisa berjalan lebih cepat dapat memberikan Anda tiga keuntungan. Keuntungan pertama adalah bobot jangkrik yang lebih optimal karena mendapatkan pakan yang bergizi tinggi. Keuntungan lainnya adalah pemberian pakan menjadi lebih hemat beberapa hari. Dan terakhir, proses ternak berjalan lebih singkat sehingga perputaran modal Anda berjalan lebih cepat.

Loading...

Pakan bergizi yang cocok diberikan untuk jangkrik adalah voer ayam 511. Pakan tersebut dianggap cukup sesuai dengan kebutuhan nutrisi jangkrik. Selain itu, jangkrik juga membutuhkan pakan sayuran menjadi pelengkap.

Pakan sayuran yang biasa diberikan pada jangkrik adalah daun ketela, gambas, sawi putih, daun pisang, daun pepaya segar, buah pepaya muda yang diiris tipis-tipis, pohon pepaya yang diambil bagian dalamnya, tebu yang dikupas kulitnya, daun kecipir, daun kacang panjang, dan lainnya.

Panen jangkrik dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, jangkrik hidup sebagai pakan, bahan baku, dan panen telur jangkrik.

Jangkrik hidup biasanya digunakan untuk pakan hewan peliharaan seperti burung atau ikan. Jangkrik yang dipanen masih berukuran kecil dan sayapnya belum tumbuh. Sayap jangkrik dinilai berbahaya bagi ikan atau burung karena keras sehingga bisa menyebabkan tersedak atau merusak pita suara burung.

Baca Juga:  Kesalahan Manajemen yang Bisa Menyebabkan Itik Sakit

Jangkrik hidup yang baru dipanen bisa juga diolah untuk dijadikan bahan baku seperti tepung jangkrik atau jangkrik kering. Olahan jangkrik tersebut bisa digunakan untuk membuat makanan atau untuk pakan hewan.

Sementara itu, telur jangkrik biasanya dijual untuk pakan burung dan diporses menjadi bahan baku. Selain itu, telur jangkrik juga dipanen untuk digunakan pada proses budidaya selanjutnya, yaitu dijadikan indukan untuk memproduksi telur.

Loading...
Loading...