Tips Jitu Agar Sukses Pembenihan Ikan Gurami

Pertanianku — Ada banyak segmentasi usaha ikan gurami yang bisa dipilih oleh Anda, salah satunya adalah pembenihan ikan gurami. Ikan gurami memiliki pertumbuhan yang sangat lamban jika dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya. Oleh karena itu, segmentasi usaha ikan gurami cukup banyak. Hal tersebut bertujuan untuk mempercepat perputaran modal peternak. Dengan begitu, peternak tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan keuntungan dari budidaya ikan gurami.

pembenihan ikan gurami
foto: pertanianku

Pemijahan ikan gurami cocok dilakukan di kolam-kolam tradisional yang sudah diberikan sarang sebagai tempat induk menaruh telur. Pemijahan dan penetasan telur gurami masih dapat berlangsung secara alami di kolam tanah.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika melakukan usaha pembenihan ikan gurami. Hal tersebut menjadi faktor pendorong kelancaran usaha Anda. Berikut ini tips jitu agar sukses pembenihan ikan gurami.

Loading...

Aerasi

Pada masa perawatan telur yang dilakukan di akuarium, Anda harus mengontrol dengan ketat aerasi kolam agar tetap stabil untuk mendapatkan hasil penetasan yang optimal. Perawatan telur dapat dilakukan di kolam apa saja, seperti bak, tangki, kolam hapa, kolam terpal, dan kolam akuarium.

Gunakan water heater

Selain aerasi yang harus terjaga, Anda juga harus mengontrol kondisi suhu di dalam air. Anda bisa menggunakan water heater atau memberikan ruangan tertutup pada perawatan telur yang dilakukan di dalam akuarium. Hal tersebut bertujuan menjaga suhu kolam agar tetap hangat. Suhu menjadi faktor penting lainnya yang harus selalu Anda perhatikan selain pakan dan aerasi.

Lapisi dengan sekam padi atau serbuk gergaji kayu

Untuk perawatan telur yang dilakukan di kolam terpal, lapisi bagian dasar kolam dan sisi-sisi samping kolam dengan sekam padi atau serbuk gergaji kayu selama masa pembenihan hingga telu-telur menetas. Pada bagian atas kolam tutup dengan plastik atau terpal. Hal tersebut bertujuan menjaga suhu di dalam kolam agar tetap stabil.

Baca Juga:  Cara Menjaga Daya Tahan Lele di Musim Hujan

Jaring koneksi pemasaran

Salah satu keberhasilan usaha adalah produk yang terserap dengan baik. Anda perlu membentuk jaringan koneksi pemasaran yang baik agar tidak kesulitan untuk memasarkan segmen benih yang sudah diproduksi. Anda bisa masuk ke jaringan rantai pemasaran yang sudah ada untuk mendapatkan jaringan pemasaran sendiri.

Untuk memandu Anda agar sukses melakukan usaha pembenihan ikan gurami, Anda bisa membaca buku Usaha Pembenihan Gurami terbitan Penebar Swadaya. Buku ini berisi informasi lengkap pembenihan gurami, mulai dari penyediaan sarana, kiat memilih indukan, teknik pemijahan, penyediaan pakan, teknik transportasi, serta solusi masalah dalam pembenihan.

Loading...
Loading...