Tips Jitu Membuat Pohon Jeruk Berbuah

Pertanianku— Salah satu hambatan dari bertanam pohon jeruk adalah pohon yang tidak kunjung berbuah meski sudah memasuki umur siap berbuah. Ada banyak faktor penyebab pohon jeruk tidak kunjung berbuah. Sebenarnya, risiko pohon yang tidak berbuah bisa diantisipasi dengan proses perawatan yang benar. Berikut ini beberapa tips jitu membuat pohon jeruk berbuah.

pohon jeruk
foto: pixabay

Lokasi menanam

Lokasi menanam menentukan keberhasilan pohon dalam menghasilkan buah. Ada jeruk yang bisa ditanam di dataran dengan ketinggian 100—1.300 mdpl. Akan tetapi, ada juga jeruk nipis yang bisa ditanam di ketinggian 200—600 mdpl. Oleh karena itu, sebelum menanam  harus dipastikan terlebih dahulu apakah jenis jeruk yang Anda gunakan sudah sesuai dengan ketinggian lokasi menanam.

Selain sulit berbuah, jenis jeruk yang ditanam di lokasi dengan ketinggian yang tidak sesuai dapat menghasilkan buah dengan kualitas jelek. Seperti buah jeruk besar yang ditanam di dataran tinggi akan menghasilkan jeruk yang pahit. Pastikan pH tanah sebesar 5,5 dengan curah hujan sekitar 1.500—2.000 mdpl.

Penyiraman

Pohon jeruk yang baru saja ditanam harus disiram secara rutin. Ketika musim kemarau, penyiraman cukup dilakukan satu kali sehari. Sementara itu, ketika memasuki masa generatif, pohon mendapatkan penyiraman sebanyak dua kali sehari dan dihentikan untuk merangsang pertumbuhan bunga. Setelah pohon berbunga, penyiraman kembali bisa dilakukan dengan normal.

Pupuk

Pupuk sangat menentukan proses pembentukan buah. Pemupukan harus dilakukan sesuai dengan umur tanaman. Pemupukan pohon jeruk dan beberapa pohon buah yang umumnya ditanam di pekarangan terdapat di dalam buku Bertanam 13 Tanaman Buah di Pekarangan terbitan Penebar Swadaya. Untuk mendapatkan buku tersebut, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Takaran Pupuk yang Tepat

Goyangkan pohon

Jika pohon sudah terlihat berbunga tapi buahnya tidak kunjung muncul, goyang-goyangkan pohon agar serbuk sari jatuh ke putik sehingga proses pembuahan bisa terjadi.

Perhatikan intensitas cahaya

Pohon jeruk membutuhkan sinar matahari yang tepat agar berbuah. Pindahkan tanaman ke tempat yang terpapar sinar matahari banyak. Pohon jeruk memang membutuhkan intensitas penyinaran matahari yang cukup tinggi. Namun, berikan naungan ketika cuaca sedang ekstrem.


loading...