Tips Jitu Memilih Brokoli Segar

0

Pertanianku – Brokoli merupakan sayuran hijau yang memiliki kandungan gizi dan serat yang cukup tinggi. Bahkan, sayuran yang memiliki warna hijau ini dinobatkan menjadi superfood karena maanfaatnya yang begitu luar biasa.

Banyak orang, termasuk anak-anak menyukai sayuran ini karena rasanya yang lezat. Oleh karena sering dikonsumsi, Anda harus tahu memilih brokoli yang segar ketika membelinya. Pasalnya, jika membeli brokoli dalam keadaan sudah tidak segar bisa mengurangi jumlah nutrisi yang terkandung di dalamnya. Jadi, sangat sayang bukan?

Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara memilih brokoli dengan benar, berikut penjelasannya:

  1. Pilih brokoli berwarna hijau tua

Jika Anda ingin membekukan brokoli yang segar, renyah, dan enak, tentu saja Anda harus menggunakan brokoli yang sangat segar. Ketika Anda membeli brokoli di supermarket lokal atau memetiknya langsung dari kebun, akan lebih baik mengetahui ciri-ciri brokoli yang segar dan sehat. Dengan begitu, Anda memilih brokoli-brokoli terbaik saja. Anda bisa menentukan apakah brokoli segar atau tidak dengan memerhatikan bagian kepala brokoli. Kepala brokoli yang segar harusnya berwarna hijau tua.

Jangan memilih brokoli dengan kepala yang berwarna/bercorak kekuningan. Sebab, ini adalah tanda bahwa brokoli telah melewati masa segarnya dan akan berbunga. Brokoli dengan kondisi seperti ini biasanya memiliki tekstur yang agak keras.

  1. Jangan memilih brokoli berkuntum sebesar kepala korek api

Hal lain yang harus Anda perhatikan ketika Anda memilih brokoli adalah dengan memerhatikan ukuran satuan kuntum brokoli tersebut. Apakah kuntum brokoli berukuran kecil dan membaur dengan yang lain, atau berukuran dengan besar dan terpisah sendiri-sendiri? Untuk brokoli yang ideal, seharusnya kuntum terlihat kecil-kecil dan merata. Ukuran satuan kuntum yang sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan kepala korek api menandakan bahwa brokoli berada pada kondisi paling segar dan prima.

Namun, tidak berarti bahwa Anda tidak disarankan untuk memilih brokoli yang berkuntum sangat kecil. Brokoli berkuntum kecil juga memiliki rasa yang sangat lezat. Nyatanya, kebanyakan brokoli beku yang dijual di supermarket berkuntum tidak besar.

  1. Pilih brokoli dengan kepala yang kukuh

Tekstur brokoli yang Anda pilih sangatlah penting untuk diperhatikan. Brokoli terbaik adalah brokoli dengan tekstur renyah ketika digigit, dan brokoli terburuk adalah brokoli bertekstur kenyal dan lembut. Periksa tekstur brokoli dengan tangan Anda, bisa dengan meremasnya ataupun memutarnya secara perlahan. Brokoli yang baik harusnya bertekstur sedikit keras dan kukuh, tetapi tidak sampai benar-benar alot.

Jika Anda memutuskan untuk menanam brokoli sendiri, cara memanen brokolinya pun juga tak boleh sembarangan, petik brokoli di pagi hari akan jauh lebih baik. Ketika Anda membeli brokoli di pasar, brokoli yang disediakan telah dipetik dan dicuci untuk Anda sehingga Anda tidak perlu melakukannya lagi. Namun, jika menanam brokoli sendiri di rumah, Anda sendiri yang akan menentukan “bagaimana” dan “kapan” Anda akan memanen brokoli tersebut. Jadi, manfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan kesegaran maksimal dari brokoli Anda.

loading...
loading...