Tips Jitu Memilih Cumi Segar, Jangan Sampai Salah!


Pertanianku – Bagi penggemar makanan laut, cumi termasuk paling banyak difavoritkan dibandingkan jenis seafood lainnya. Selain memiliki nutrisi tinggi, daging cumi juga lebih lezat dan pastinya tidak terdapat duri di dalamnya sebagaimana ikan. Cumi bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat dan menggugah selera seperti cumi goreng crispy, gulai cumi, cumi asam manis, sup, dan masih banyak menu pilihan lainnya.

Memilih cumi di pasar untuk membuat olahan di rumah memang pilihan tepat. Pasalnya, Anda bisa langsung melihat kualitas yang paling bagus. Namun, sebelum membeli, yuk kenali dulu ciri cumi berkualitas.

Mendapatkan cumi berkualitas cukup penting karena masakan lezat sangat dipengaruhi oleh bahan yang segar. Berikut ciri cumi yang berkualitas.

  1. Lihat tampilannya

Cumi segar memiliki tampilan permukaan daging yang berwarna putih dengan bercak cokelat kemerahan. Cumi yang sudah berusia tua memiliki warna permukaan merah muda dan daging berwarna kekuningan. Cumi segar memiliki daging yang mulus dan tidak robek. Perhatikan juga bagian matanya yang harus berwarna bening, kepala masih utuh serta tidak berwarna keunguan.

  1. Cium aromanya

Cumi segar memiliki aroma yang tidak amis dan anyir. Aromanya segar dan tercium aroma laut. Usai membeli cumi, segera bersihkan dan simpan dalam freezer jika tidak langsung diolah. Cumi segar dalam freezer bisa bertahan hingga dua bulan.

  1. Periksa teksturnya

Cumi segar memiliki tekstur yang kenyal. Jika ditekan perlahan, akan kembali ke bentuk asalnya. Jangan membeli cumi yang sudah terlalu lunak atau berlendir. Selain tekstur, lihat juga ukurannya, sesuaikan dengan kebutuhan masakan yang akan dibuat.

Bagaimana, cukup mudah bukan memilih cumi segar?!

loading...
loading...