Tips Jitu Memilih Kelapa Muda Segar, Jangan Sampai Salah


Pertanianku – Kelapa (degan) memang banyak digemari atau disenangi kalangan masyarakat, baik dalam bentuk kelapa muda maupun bentuk minuman. Air kelapa muda merupakan minuman yang menyegarkan terlebih jika Anda meminumnya di saat cuaca panas. Kelapa muda bisa jadi pilihan tepat untuk melepas dahaga.

Namun ternyata, untuk mencari kelapa muda bukan suatu hal yang mudah. Hal tersebut diakui oleh Asep, pemilik gerai Es Kelapa Muda Garut di kawasan Jakarta.

“Cari kelapa muda itu susah kalau enggak tahu celahnya,” kata Asep, sebagaimana dikutip dari Okezone.

Memang, jika dilihat dari luar, cukup sulit untuk membedakan mana kelapa yang masih muda dan yang sudah tua. Pasalnya, ukuran, warna, dan tampilannya belum cukup untuk mencirikan bahwa kelapa itu masih muda.

Untuk memilih kelapa muda adalah dengan cara mengetuknya dengan telapak tangan. Dengarkan suara yang keluar dari ketukan itu, jika suaranya tidak nyaring, dipastikan buah kelapa itu masih muda dan segar.

“Biasanya digetok. Kalau bunyinya nyaring, itu kelapa tua. Karena airnya sudah menyusut dan dagingnya tebal. Kalau diketok bunyinya agak berat, berarti air kelapa masih banyak dan itu tanda kelapa muda,” ungkap Asep.

Baca Juga:  Tips Mudah Budidaya Tomat Organik
loading...
loading...