Tips Jitu Mempercepat Pohon Jeruk Berbuah di Pot

Pertanianku — Jeruk dapat dijumpai di seluruh dunia karena sudah dibudidayakan hampir di seluruh daerah. Perawatan harus dilakukan untuk melebatkan dan mempercepat pohon jeruk berbuah. Perawatan tersebut meliputi penyiraman, penyiangan, penggemburan, pemupukan, pemangkasan, dan penjarangan buah. Selain itu, ada juga beberapa tips yang mampu melebatkan dan mempercepat pohon jeruk berbuah, simak ulasan berikut.

mempercepat pohon jeruk berbuah
foto: pertanianku

Lakukan penyiraman rutin dan cukup

Penyiraman harus dilakukan secara rutin dan tepat jangan sampai berlebihan hingga menggenang batang dan akar tanaman. Penyiraman dilakukan pada saat musim kemarau, fase menjelang pembungaan, dan fase menjelang pembentukan buah.

Loading...

Penyiraman pada musim kemarau dilakukan sebanyak sehari sekali. Saat masuk fase produktif, penyiraman dikurangi menjadi dua hari sekali dan penyiraman dihentikan untuk merangsang pertumbuhan bunga. Ketika bunga sudah muncul, penyiraman dilakukan kembali dengan frekuensi 5—7 hari sekali hingga bunga menjadi pentil. Frekuensi penyiraman semakin dikurangi menjadi 7—10 hari hingga buah dipanen.

Penyiangan dan penggemburan

Jika di sekitaran pohon sudah ditumbuhi gulma, segera lakukan penyiangan yang dapat dilakukan secara manual, yakni dengan tangan. Penggemburan dilakukan saat akar terlihat muncul di atas tanah. Ketika melakukan penggemburan, harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak melukai bagian akar.

Pemupukan untuk memperkaya kandungan hara

Gunakan pupuk NPK mutiara dengan dosis untuk tanaman satu bulan setelah tanam sebesar 25:7:7 dengan konsentrasi 10 gram/liter air. Sementara, untuk tanaman satu bulan menjelang berbunga (4 bulan) sebanyak 16:16:16 dengan konsentrasi 10 gram/liter. Pupuk diberikan tiga bulan sekali.

Pemangkasan untuk menghasilkan buah yang baik

Pemangkasan dilakukan agar tanaman mudah untuk dikelola, percabangan tumbuh teratur dan kokoh, cahaya matahari dapat tersebar merata, memperbaiki kualitas buah, memperbanyak tunas baru, serta mengurangi kerimbunan tanaman.

Baca Juga:  Teknik Memetik Buah Kakao yang Benar

Penjarangan buah

Jika buah yang tumbuh sangat lebat, Anda harus melakukan penjarangan agar buah yang tumbuh memiliki kualitas yang baik.

Goyangkan pohon

Jika bunga tumbuh tidak memunculkan buah, goyang-goyang pohonnya agar serbuk sari berjatuhan mengenai putik sehingga terjadi pembuahan. Lakukan perlakuan tersebut secara rutin hingga muncul buah.

Stres air

Lakukan stres air saat pohon tidak tumbuh tunas baru dan daun jeruk berwarna hijau tua. Stres dilakukan dengan cara menutup pot dengan plastik untuk menghalangi air hujan masuk ke media dan tanaman tidak boleh disiram air hingga daun terlihat layu. Setelah layu, tanaman langsung disiram hingga segar. Setelah itu, tanaman tidak disiram hingga layu lagi. Siram lagi hingga segar. Lakukan hal tersebut sebnayak 2—3 kali untuk memunculkan tunas baru.

 

 

 

Loading...
Loading...