Tips Jitu Menanam Buah Kedondong di Pot

Pertanianku — Kedondong merupakan buah yang sering digunakan untuk rujak. Rasanya yang masam membuat buah ini kurang peminat jika dikonsumsi langsung. Namun, jika dipadukan dengan bumbu rujak, buah ini jadi juaranya. Untuk menanam buah kedondong di pot tidak begitu sulit.

kedondong di pot
foto: pertanianku

Tanaman ini akan berbuah sepanjang tahun jika mendapatkan sinar matahari yang cukup. Selain cahaya matahari, buah kedondong juga membutuhkan curah hujan yang sedang. Oleh karena itu, menanam buah kedondong di pot cukup mudah dilakukan. Buah kedondong yang sudah masak akan berwarna hijau kekuningan. Rasanya pun bervariasi, ada yang sangat masam hingga manis.

Berikut ini tips jitu menanam buah kedondong di pot.

Loading...

Media tanam

Ada banyak pilihan media tanam yang dapat digunakan. Anda bisa menggunakan campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1. Anda juga dapat menggunakan pilihan campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam padi dengan perbandingan 2:1:1.

Cara menanam

Penanaman sebaiknya dilakukan pada awal musih hujan ketika pagi dan sore hari. Hal ini dikarenakan pohon akan mudah tumbuh dan akar tanaman akan tumbuh banyak selama musim hujan karena tidak akan kekurangan air. Bibit yang digunakan sebaiknya merupakan bibit yang diperoleh dari hasil okulasi, setek, atau cangkok. Berikut tahap penanamannya.

  1. Siapkan bibit unggul yang sehat yang berasal dari pembiakan vegetatif. Bibit yang sehat adalah bibit yang sudah mencapai pertumbuhan daun antara 10—15 helai.
  2. Siapkan pot yang ideal untuk menanam kedondong, yakni pot yang berdiameter 40 cm dan kedalaman 30 cm. Pot tersebut harus memiliki bolongan pada dasar pot untuk jalan keluar air yang jatuh ke media tanam kedondong.
  3. Masukkan batu bata atau potongan genting ke dasar pot setinggi 5 cm agar media tanam atau tanah tidak ikut tergerus bersama air.
  4. Isikan media tanam ke dalam pot hingga mendekati bibir pot.
  5. Lepaskan polibag yang menempel pada bibit dengan cara digunting secara perlahan-lahan. Jangan sampai ada akar yang rusak. Selanjutnya, masukkan ke pot dan atur posisinya hingga tepat.
  6. Tambahkan media tanam lagi untuk mengisi ruang kosong di dalam pot.
  7. Siram media tanam hingga media tanam memadat secara alami.
  8. Letakkan pot di tempat teduh hingga tumbuh tunas-tunas baru, lalu setelah tunas baru tumbuh pindahkan pot ke tempat yang terkena sinar matahari.
Baca Juga:  Buah Tin Ungu, Pohon Buah Cantik nan Mahal Bisa Ditanam di Pekarangan Rumah

Tips

  • Lakukan penjarangan dengan rumus 1-3-9.
  • Lakukan stres air dengan tidak menyirami tanaman hingga layu. Ketika sudah layu, langsung disiram air hingga segar kembali. Lakuka selama 4—6 minggu untuk memunculkan bunga.
Loading...
Loading...