Tips Jitu Menanam Wortel

Pertanianku— Wortel adalah sayuan umbi yang kaya akan vitamin A serta beberapa kandungan mineral lainnya seperti Ca, P, dan K. Wortel merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh sehingga dapat melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh. Manfaatnya yang banyak membuat komoditas ini selalu laku di pasaran. Menanam wortel merupakan pekerjaan yang terbilang mudah dilakukan jika Anda sudah mengetahui caranya. Berikut ini beberapa tips jitu menanam wortel yang bisa Anda ikuti.

menanam wortel
foto: pixabay

Tempat menanam

Wortel mudah tumbuh dengan subur di daerah dengan ketinggian 500—1.200 mdpl. Namun, wortel akan jauh lebih subur jika ditanam di ketinggian 1.200 mdpl seperti di daerah pegunungan. Tanah yang ideal digunakan untuk menanam wortel adalah tanah yang mengandung banyak humus atau subur, gembur, dan pH-nya normal.

Loading...

Keadaan struktur serta fisik tanah yang digunakan akan memengaruhi perkembangan umbi yang akan dipanen. Sementara, tanah yang terlalu masam dengan kondisi pH di bawah 5 akan menyulitkan umbi wortel untuk tumbuh.

Biji wortel

Berbeda dengan tanaman sayuran lainnya yang harus melewati proses semai biji, tanaman wortel tidak memerlukan proses tersebut dan bisa langsung pada tanah. Tanah yang akan digunakan harus dicangkul terlebih dahulu sedalam 40 cm. Jika pengolahan tanah yang dilakukan benar sehingga gembur, umbi yang tumbuh akan panjang. Tanah yang sudah dicangkul diberikan pupuk kandang sebanyak 15 ton/hektare. Pemberian pupuk kandang bisa tidak dilakukan jika tanah yang digunakan sudah sangat subur.

Menanam biji wortel

Setelah tanah dicangkul, biji yang akan ditanam harus digosok-gosok terlebih dahulu dengan telapak tangan untuk memisahkan biji yang saling menempel. Seluruh permukaan biji dtutupi oleh bulu halus yang berbentuk duri bengkok sehingga memudahkan biji saling menempel satu sama lain. Setelah terpisah, tebar biji dengan hati-hati di sepanjang alur dan tutupi dengan tanah atau pupuk kandang.

Baca Juga:  Balitbangtan Mengembangkan Varietas Kacang Tanah Tahan Penyakit

Pemeliharaan

Proses pemeliharaan tanaman wortel tidak begitu sulit, Anda hanya perlu menyingkirkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman agar nutrisi di dalam tanah tidak diambil oleh gulma. Selain itu, wortel hanya rentan terhadap penyakit cacar daun yang menyebabkan daunnya mengering berubah warna hitam keabu-abuan.

 

 

Loading...
Loading...