Tips Jitu Mencegah Boros Pakan pada Ayam Elba

Pertanianku — Penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan zat gizi pakan ayam elba hampir sama seperti zat gizi ayam ras. Oleh karena itu, ransum ayam ras bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ayam elba. Namun, penggunaan ransum pakan ayam ras untuk ayam elba dinilai malah menyebabkan pemborosan karena nutrisi yang terkandung masih belum mampu membuat ayam elba memproduksi telur.

pakan ayam elba
foto: pertanianku

Oleh karena itu, peternak harus  bisa menentukan formula pakan yang sesuai dengan kebutuhan ayam itu sendiri. Peternak bisa mengombinasikan bahan pakan hewani dan nabati untuk saling melengkapi kebutuhan nutrisi ayam.

Pasalnya, kunci untuk mencegah pemborosan pakan ayam elba adalah kandungan nutrisi di dalam pakan sudah mencukupi. Ada 6 nutrien yang dibutuhkan oleh ayam dan 6 nutrien tersebut bisa didapatkan dari formulasi pakan yang sesuai. Berikut ini beberapa bahan pakan yang bisa dikombinasikan untuk diberikan pada ayam elba.

Loading...

Konsentrat

Pakan konsentrat merupakan pakan yang kaya dengan kandungan protein. Pakan ini diproduksi oleh pabrik. Para peternak bisa mendapatkan pakan di toko-toko peternakan atau di pasar. Saat ini sudah ada beragam merek konsentrat dengan harga jual bervariatif, bergantung pada kualitas dan kandungan proteinnya.

Dedak halus

Dedak merupakan salah satu bahan pakan utama yang digunakan dalam peternakan ayam elba. Dedak didapatkan dari proses penggilingan padi dan sudah digunakan oleh banyak peternak ayam, termasuk peternak ayam elba. Dedak halus terbagi menjadi dua, yaitu dedak halus kampung dan dedak halus pabrik. Dedak halus kampung memiliki lebih banyak serat kasar dibanding dedak halus pabrik.

Jagung

Jagung merupakan sumber energi yang sangat baik untuk ayam. Jagung juga mengandung protein sekitar 9 persen dan energi metabolisme yang cukup tinggi sekitar 3.400 kkal/kg. Kandungan serat kasar di dalam jagung cukup rendah, hanya sekitar 2 persen. Jagung sering digunakan dalam komposisi pakan sebanyak 40—50 persen.

Baca Juga:  Kendala-kendala Beternak Jangkrik

Vitamin

Vitamin berfungsi membantu pembentukan tulang, pertumbuhan, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi. Vitamin bisa diberikan melalui mencampurnya dengan pakan, minum, atau diberikan secara terpisah.

bisa menentukan

Loading...
Loading...