Tips Jitu Mencegah Sapi Sakit

Pertanianku — Terkadang penyakit timbul tanpa ada tanda-tanda sehingga Anda kurang menyadari dengan kehadirannya. Sebaiknya, pencegahan lebih diutamakan daripada pengobatan. Sebab, mengobati akan memerlukan biaya yang lebih besar. Berikut ini cara mencegah sapi sakit yang sering digunakan oleh para peternak senior.

mencegah sapi sakit
foto: pertanianku

Pemilihan bakalan

Modal awal untuk mencegah sapi sakit adalah menggunakan bakalan sapi yang sehat. Tubuh bakalan sapi yang sehat tidak sedang sakit. Bakalan yang sakit bisa mati saat melakukan perjalanan dari kandang ke tempat Anda. Selain itu, bakalan yang sakit malah akan menularkan penyakit ke sapi lain.

Loading...

Salah satu cara mendapatkan bakalan yang sehat adalah dengan menanyakan riwayat hidup bakalan tersebut. Peternakan besar biasanya akan memiliki catatan riwayat hidup sapi. Jika sulit mendapatkan riwayat, setidaknya tanyakan apakah bakalan tersebut sudah divaksin atau belum.

Karantina bakalan

Bakalan yang baru datang sebaiknya dikarantina di kandang terpisah. Tujuannya adalah memonitoring bakalan apakah memiliki gejala penyakit tertentu yang tidak diketahui pada saat pembelian. Selain itu, karantina berfungsi untuk mengadaptasi sapi pada lingkungannya yang baru. Pada saat karantina, sapi sebaiknya diberikan pakan dan minum yang cukup serta vitamin dan obat cacing.

Karantina berlangsung selama lima hari untuk sapi normal yang sehat. Sementara, untuk sapi sakit, masa karantina akan berlangsung hingga bakalan sembuh. Kandang karantina juga berfungsi untuk menempatkan sapi lama yang sakit.

Obat cacing dan vaksinasi

Pemberian kedua hal ini harus dilakukan pada bakalan sapi yang baru datang. Pasalnya, bisa saja di tempat yang lama sapi tidak diberikan obat cacing dan vaksinasi.

Pemberian pakan yang baik

Sapi di dalam kandang harus mendapatkan pakan dan minum yang cukup. Seluruh kebutuhan nutrisinya harus terjamin dari pakan yang diberikan.

Baca Juga:  Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Sapi Diare

Pengamatan kesehatan sapi

Kesehatan sapi selama masa pemeliharaan harus tetap terjaga agar dapat mengetahui gejala penyakit lebih dini. Pengamatan kesehatan sapi bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Kondisi kandang

Kandang juga akan menentukan kesehatan sapi. Oleh karena itu, Anda perlu selalu menjaga kebersihan kandang sapi sesuai dengan standar.

 

 

 

 

Loading...
Loading...