Tips Jitu Mengatasi Hama Bayam yang Meresahkan

Pertanianku — Hama merupakan salah satu hambatan yang harus segera ditindaklanjuti agar tanaman bayam Anda tidak habis dimakan atau rusak karena hama. Ada banyak jenis hama yang bisa menyerang tanaman bayam, mulai dari ulat hingga bekicot. Cara mengatasi hama bayam harus disesuaikan dengan jenis hama yang menyerang. Berikut ini tips jitu mengatasi hama bayam berdasarkan jenisnya.

hama bayam
foto: Pixabay

Ulat penggulung daun

Ulat penggulung daun dapat menyebabkan daun bayam berlubang dan menggulung. Hama ulat daun bisa diatasi dengan pestisida alami atau membuang semua ulat yang terlihat di tanaman bayam. Anda harus melakukan pengawasan secara rutin untuk memantau keberadaan hama tersebut.

Ulat daun

Ulat daun akan memakan beberapa bagian seperti di bagian tengah dan tepi daun. Jika populasi ulat didiamkan begitu saja, serangan hama ini bisa semakin berat. Jika serangan masih ringan, Anda bisa mengatasi dengan membuang seluruh ulat yang ada di sekitar tanaman. Namun, jika serangan sudah cukup parah, Anda memerlukan insektisida.

Lalat

Lalat akan menyerang tanaman dengan cara meninggalkan larvanya di dalam tanaman bayam yang sedang tumbuh. Tanaman yang telah terinfeksi, lama-kelamaan akan membusuk dan mati. Lalat bisa dikendalikan dengan penyemprotan pestisida alami.

Kutu

Kutu menyerang tanaman dengan cara mengisap cairan di dalam daun sehingga menyebabkan daun menjadi layu dan rusak. Daun yang sudah terserang jadi mudah rontok dan pertumbuhannya menjadi lamban. Pengendalian kutu bisa dilakukan dengan menggunakan pestisida alami dan menjaga kebersihan di sekitar penanaman. Tanaman yang sudah terserang harus dibakar agar siklus hidup kutu bisa terhenti.

Belalang

Belalang menjadi hama bagi tanaman bayam karena belalang memakan daun bayam. Gejala yang ditimbulkan hampir sama seperti serangan ulat daun. Belalang sangat mudah dijumpai di areal pertanian.

Baca Juga:  Kelebihan Karet Alam yang Tidak Dimiliki Karet Sintetis

Belalang bisa dikendalikan dengan cara mengurangi populasi belalang. Caranya cukup mudah. Anda hanya tinggal menggoyang-goyangkan daun bayam ke kiri dan ke kanan dengan sapu lidi agar belalang terbang menjauh dari tanaman. Anda perlu melakukan pengendalian secara rutin hingga populasi belalang berkurang.

Bekicot

Bekicot merupakan hama bagi benih bayam yang sedang disemai. Bekicot akan memakan daun, batang, dan akar benih sehingga banyak benih yang tidak bisa digunakan. Pengendalian bekicot bisa dilakukan dengan menggunakan perangkap dari tempurung kelapa yang diberikan pintu.