Tips Jitu Mengatasi Serangan Lalat Buah pada Pohon Jambu Biji

Pertanianku — Lalat buah menjadi hama yang paling meresahkan tanaman buah karena bisa menyerang tanaman buah apa saja dengan cara menusukkan telurnya ke dalam kulit buah. Nantinya, larva lalat akan tumbuh berkembang biak dan memakan bagian dalam buah. Lalat buah pada pohon jambu biji bisa menyebabkan buah berguguran sebelum waktunya atau menyebabkan buah menjadi busuk dan terdapat larva ulat atau belatung.

pohon jambu biji
foto: pixabay

Lalat ini sebenarnya bisa diatasi dengan menjaga sanitasi kebun. Anda harus rajin membersihkan sampah, daun, dan buah yang busuk agar tidak memancing kehadiran lalat. Bakar semua sampah tersebut dan jauhkan tempat sampah dari kebun.

Namun, jika sanitasi kebun sudah dijaga dengan baik dan lalat masih saja tetap datang ke kebun atau pohon jambu biji, Anda bisa melakukan beberapa tindakan di bawah ini.

Loading...

Membungkus buah

Lakukan pembungkusan buah ketika buah masih berukuran kecil seukuran bakso. Pembungkusan buah tidak boleh sampai telat, apalagi jika dilakukan ketika buah sudah tua. Pasalnya, semakin tua umur buah, kulit buah akan semakin mudah ditusuk oleh lalat buah. Hal inilah yang menyebabkan sebagian buah yang sudah dibungkus tetap saja masih bisa busuk atau terdapat ulat.

Pembungkusan bisa menggunakan alat pembungkus buah khusus. Namun, jika sulit mendapatkannya, Anda bisa menggunakan plastik. Pembungkusan ini juga berfungsi melindungi buah dari paparan sinar matahari secara langsung.

Perangkap lalat

Menjebak lalat menjadi upaya guna mengatasi serangan hama lalat untuk jangka panjang. Perangkap bisa dibuat sendiri atau membelinya di toko pertanian. Salah satu alat perangkap lalat yang paling terkenal adalah petrogenol. Perangkap tersebut menggunakan minyak atsiri yang bisa memancing perhatian lalat jantan.

Baca Juga:  Tips Mencegah Serangan Hama Padi pada Musim Hujan

Membuat perangkap lalat cukup mudah, Anda hanya memerlukan destilasi daun selasih, kapas, dan botol bekas. Setelah Anda sudah memiliki destilasi daun selasih, tetesi destilasi tersebut ke kapas dan masukkan kapas ke lubang yang sudah dilubangi. Letakkan botol tersebut di dekat pohon. Biasanya, alat perangkap harus diganti setiap satu bulan sekali.

 

 

 

Loading...
Loading...