Tips Jitu Pembesaran Domba agar Berjalan Sukses

PertaniankuPembesaran domba bisa berjalan sukses jika Anda mengetahui cara pemeliharaan dan perawatan yang benar. Hingga saat ini, permintaan daging domba di Indonesia masih cukup tinggi sehingga beternak domba menjadi bidang usaha yang menjanjikan. Pembesaran domba lebih mudah dilakukan dengan sistem gembala karena pakan lebih mudah didapatkan.

pembesaran domba
foto: pertanianku

Pakan merupakan hal penting yang harus disediakan oleh peternak selama masa pembesaran domba. Oleh karena itu, pakan sangat memengaruhi keberhasilan pembesaran domba. Selain pakan, ada beberapa hal lain yang bisa memengaruhi keberhasilan pembesaran.

Berikut ini strategi pembesaran domba agar berjalan sukses.

Loading...

Kandang

Kandang yang digunakan sebaiknya dibuat panggung dengan dinding terbuka agar sirkulasi udara di dalam kandang berjalan lancar. Ukuran kandang yang sebaiknya digunakan untuk menampung domba dewasa adalah 1—1,2 m2 per ekor.

Tetapkan target

Saat Anda sudah memiliki target, pembesaran domba dapat berjalan lebih terarah. Bakalan betina bisa disiapkan sebagai calon indukan. Jantan juga bisa digunakan sebagai indukan jika memenuhi syarat tertentu.

Pakan hijauan

Domba menyukai pakan hijauan berupa daun lamtoro, gamal, dan daun nangka. Jangan lupa berikan pakan penguat atau konsentrat yang terbuat dari gabungan bungkil kelapa, bungkil kedelai, dedak, tepung ikan, serta mineral dan vitamin. Konsentrat tersebut berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi domba sehingga perkembangan bobot bisa berjalan dengan cepat.

Komposisi pakan

Komposisi pakan juga harus diperhatikan saat beternak domba. Pakan hijauan kering bisa diberikan sebanyak 3 persen dari bobot badan. Untuk pakan hijauan basah, Anda bisa memberikannya sebanyak 10—15 persen dari bobot badan. Sementara itu, pakan konsentrat yang diberikan sebaiknya mengandung 16 persen. Frekuensi pemberian pakan sebanyak 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari.

Baca Juga:  Kelebihan Keju Cheddar Susu Kambing

Jaga kesehatan kambing

Sanitasi kandang sangat penting untuk menjaga kondisi kesehatan kambing agar tidak mudah terkena penyakit. Selain itu, Anda harus memberikan vaksin dan obat cacing. Domba yang dipelihara juga harus dijaga kebersihannya dengan memandikannya setiap hari. Domba harus rutin dipotong kuku dan bulunya untuk menjaga kesehatannya.

Loading...
Loading...