Tips Jitu Saat Memberikan Pakan Lele

Pertanianku — Pakan sangat menentukan efisiensi biaya produksi yang diperlukan sehingga manajemen memberikan pakan lele harus dilakukan dengan baik. Berikut ini beberapa tips jitu saat memberikan pakan lele.

memberikan pakan lele
foto: pertanianku

Porsi pakan

Pembudidaya keseringan tidak mengetahui dengan jelas berapa porsi pakan yang harus diberikan setiap harinya. Padahal, pemberian porsi pakan dapat diberikan berdasarkan rata-rata bobot biomassa. Porsi pakan tersebut berguna untuk menentukan seberapa banyak biaya pakan yang harus diberikan.

Loading...

Diet porsi pakan pelet hanya 80 persen dari daya kenyang

Lakukan diet prosi pakan pelet hanya 80 persen dari daya kenyang lele agar dapat menyiapkan sebagian ruang untuk lele memakan flok-flok yang ada di dalam kolam dan produksi enzim-enzim pencernaan. Hal ini berguna untuk mencegah perut/pencernaan membengkak dan luka.

Perut yang membengkak sangat mudah terinfeksi oleh bakteri Edwardsiella sp, bakteri ini sangat sulit diberantas tuntas. Selain penyakit, perut kekenyangan dapat menyebabkan ikan menjadi lebih banyak diam dan muntah. Muntahan ikan dapat menurunkan kualitas air sehingga ikan bisa keracunan. Media air yang sudah kena muntahan ikan mudah ditumbuhi parasit dan berakhir dengan mortalitas tinggi.

Frekuensi pemberian pakan

Frekuensi pemberian pakan pada ikan lele cukup dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu pada pukul 07:00 dan 17:00.

Gunakan pakan fermentasi

Gunakan pakan fermentasi berupa probiotik untuk menghasilkan enzim protease, amylase, lipase, dan selulase.Tujuannya adalah untuk meringankan kerja organ pencernaan hingga 30 persen dan membantu pemotongan rantai panjang pada protein dan lemak.

Berikan secara konsisten

Memberikan pakan ikan lele tidak boleh dilakukan sembarangan, seperti waktu yang berubah-ubah karena dapat merusak sifat biologis dari ikan lele.

Terapkan pergantian pakan

Baca Juga:  Jangan Berlebihan Saat Memberikan Pakan Ikan Nila

Pergantian pakan sangat berpengaruh terhadap tingkat keseragaman ukuran ikan. Pergantian pakan dapat dilakukan dengan cara mencampur pakan lama dengan pakan pengganti.

Puasakan ikan sesekali

Lakukan program puasa pada satu kali waktu makan setiap minggu. Puasa dapat memberikan kesempatan organ pencernaan untuk istirahat. Teknik ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya tahan ikan lele.

Loading...
Loading...