Tips Jitu Usaha Ayam Elba

    Pertanianku — Ayam elba menjadi solusi untuk memenuhi permintaan ayam kampung yang saat ini menjadi primadona. Produksi telurnya pun lebih tinggi dibandingkan ayam arab. Bahkan, ayam elba yang dirawat secara intensif dapat menjadi ayam petelur super dengan tingkat produktivitas yang tinggi. Oleh karena itu, usaha ayam elba dapat menjadi peluang yang menarik.

    usaha ayam elba
    foto: pertanianku

    Dari 1.000 ekor ayam elba, Anda bisa mendapatkan 800 telur per hari. Telur yang dihasilkan dari usaha ayam elba per tahun dapat mencapai 300—330 butir/ekor/tahun. Usaha ini pun terbilang cukup mudah dilakukan jika Anda mengetahui dengan pasti tata caranya.

    Lokasi yang tepat untuk melangsungkan usaha ayam elba adalah tempat yang jauh dari kebisingan. Buatlah kandang baterai yang memiliki beberapa petak, satu petak untuk satu ayam. Satu petak berukuran 25 cm, lebar 35 cm, tinggi belakang 28 cm, dan tinggi depan 35 cm.  Jangan lupa berikan sarana pelengkap produksi seperti pakan, vitamin, obat, dan vaksin.

    Loading...

    Agar waktu produksi lebih cepat dan efisien, gunakan ayam elba dewasa yang sudah siap bertelur, yakni yang sekitar berumur 4 bulan.

    Anda harus mengetahui jika ayam elba memiliki sifat mudah stres karena suara gaduh, kehadiran orang asing di dekatnya, dan beberapa faktor pengganggu lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya tentukan lokasi peternak yang jauh dari kebisingan untuk menjaga kesehatan ayam. Ayam yang stres dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah sakit dan akan menghasilkan produksi telur yang sedikit.

    Untuk menjaga agar produktivitas tetap terjaga, berikan pagar kandang dan upayakan agar tidak ada orang yang lalu lalang, terutama saat ayam berproduksi.

    Selain lokasi, Anda harus memerhatikan pakan yang diberikan. Jika pakan yang diberikan tidak memenuhi syarat, produksi telur ayam akan menurun hingga 15—20 persen, bahkan bisa membuat ayam mogok untuk berproduksi. Berikan pakan dengan kandungan protein sebanyak 17 persen dan energi 2.850 kkal/kg. Kebutuhan pakan berkisar 70 gram/ekor/hari.

    Baca Juga:  Apa itu Sedimen?

    Jika nafsu makan sudah menurun, Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 minggu untuk mengembalikannya dan gunakan pakan berkualitas.

    Masa produktif akan menurun setelah berumur 2 tahun. Pada saat itu Anda harus mempersiapkan ayam pullet baru yang berumur 4 bulan sebagai ayam pengganti. Ayam elba tidak memiliki sifat mengeram sehingga produksi dapat berjalan lebih cepat.

     

     

     

     

     

    Loading...
    Loading...