Tips Lengkeng Berbuah Lebat

PertaniankuBudidaya lengkeng sering kali terhambat satu masalah klasik. Problem utama tersebut adalah lengkeng yang tidak mau berbuah. Padahal, kondisi tanamnya sudah memenuhi syarat berbuah bagi pohon lengkeng.

Budidaya lengkeng
Foto: freepik

Beberapa lengkeng varietas tertentu memang cenderung lebih sulit berbuah. Faktor utamanya adalah karena lengkeng sendiri merupakan tanaman dari daerah subtropika. Suhu yang rendah turut berperan dalam proses pembungaan. Sangat berbeda dengan Indonesia yang merupakan negara tropis dengan suhu yang relatif stabil.

Tanaman lengkeng yang ada di Indonesia umumnya bisa tumbuh dengan normal, yaitu tanaman yang ditanam di daerah bersuhu rendah. Beberapa daerah yang terkenal sebagai penghasil lengkeng lokal adalah Temanggung, Ambarawa, dan Batu.


Loading...

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat lengkeng berbunga adalah dengan cara menginduksi tanaman lengkeng. Cara ini sebagai berikut.

Pertama, dengan perlakuan fisik. Cara ini dilakukan dengan melakukan pelukaan batang tanaman lengkeng. Petani bisa melakukan pengeratan atau pengelupasan kambium pada batang utama pohon lengkeng. Cara ini terbilang murah. Namun, aplikasinya kurang terukur.

Cara kedua adalah dengan perlakuan kimia. Pemberian bahan kimia penginduksi dilakukan untuk merangsang pohon lengkeng lekas berbuah. Cara ini tentu saja lebih terukur dan tingkat keberhasilannya lebih tinggi. Metode pemberian zat kimia yang dilakukan sebagai berikut.

Penyiraman

Penyiraman zat kimia penginduksi pembungaan dilakukan di tanah yang berada di bawah kanopi. Pemberian zat ini juga bisa dilakukan di daerah perakaran. Harapannya, akar akan menyerap zat tersebut dan dengan cepat meratakannya ke tumbuhan.

Cara kedua adalah dengan disemprotkan ke daun. Cara ini dilakukan dengan mengencerkan zat kimia tersebut terlebih dahulu. Terakhir, adalah dengan melakukan injeksi ke batang utama atau akar pohon. Cara ini dilakukan pada pohon lengkeng yang memiliki ukuran besar. Oleh karena itu, tidak memungkinkan untuk dilakukan cara penyiraman ataupun menyemprotan.

Baca Juga:  Berkebun di Perkotaan Juga Bisa Gunakan Wadah Ini

Di Thailand, petani lengkeng menyemprot tanaman mereka dengan es. Cara ini juga bisa dilakukan dengan menyiram es di sekitar tanaman. Kini, cara ini sudah tidak digunakan seiring dengan kemajuan teknologi. Sudah ada bahan kimia yang digunakan untuk melakukan induksi pembungaan lengkeng di wilayah tropis.

 

 

Loading...
Loading...