Tips Melakukan Penyemaian Benih Tomat yang Tepat

    Pertanianku — Sebelum benih ditanam harus disemai terlebih dahulu. Setelah disemai, benih baru dapat ditanam di lahan atau media tanam yang sudah disediakan. Untuk menyemai benih, sebaiknya pilihlah lokasi penyemaian benih tomat yang mampu mendukung pertumbuhan benih secara optimal.

    penyemaian benih tomat
    foto: pertanianku

    Gunakan pohon penaung yang tepat untuk menjaga tingkat kelembapan

    Tempat penyemaian benih tomat yang dilakukan pada skala hobi bisa dilakukan dekat dari rumah, yang penting tempatnya terlindungi dari sorotan cahaya matahari secara langsung. Tujuannya adalah menjaga tingkat kelembapan media penyemaian benih. Anda dapat menggunakan pohon naungan untuk melindungi bibit.

    Loading...

    Pilihlah lokasi yang tidak terlalu banyak penaung karena dapat menimbulkan masalah pada bibit, seperti bibit yang lemah. Misalnya, pohon mangga dan alpukat yang memiliki tajuk sangat rimbun. Pohon kelor dan lamtoro merupakan pohon penaung yang baik.

    Pohon penaung juga berfungsi untuk melindungi benih dari angin

    Pohon penaung yang digunakan harus bisa melindungi benih dari terpaan angin kencang yang dapat memperlambat pertumbuhan bibit, tetapi juga tidak menghalangi tiupan angin sepoi-sepoi yang sangat baik untuk pertumbuhan bibit.

    Pilihlah lokasi yang lebih tinggi dari permukaan tanah

    Jika penyemaian dilakukan di dataran tinggi, pilihlah lokasi penyemaian benih yang lebih tinggi dari permukaan tanah atau minimal setinggi pinggang. Hal tersebut bertujuan menjaga keseimbangan suhu pada saat malam hari dengan suhu yang sangat rendah. Suhu yang rendah dapat merusak bibit hingga bibit mati.

    Gunakan mulsa

    Cara lain untuk menjaga keseimbangan suhu di dataran tinggi adalah dengan menggunakan mulsa. Anda dapat membuat lapisan mulsa yang terbuat dari bahan sekam setebal 10—15 cm untuk menutupi tanah. Namun, penggunaan lapisan sekam ini dapat menimbulkan pertumbuhan jamur jika digunakan di daerah yang bersuhu panas.

    Baca Juga:  Mengenal Bangsa-bangsa Domba Indonesia

    Gunakan green house

    Jika Anda menanam tomat untuk skala bisnis, semailah benih tomat di dalam green house yang biasanya terbuat dari kayu borneia, berdinding dan beratap plastik akrilik yang dapat ditutup dan dibuka. Penggunaan palstik ini dapat menghantarkan matahari masuk ke ruangan secara tepat tidak berlebihan.

    Loading...
    Loading...