Tips Memandikan Kambing yang Benar

Pertanianku — Selama masa pemeliharaan, kebersihan kambing harus dijaga dengan cara memandikannya. Memandikan kambing harus dilakukan secara rutin dan benar untuk membantu menekan pertumbuhan kutu rambut di badan kambing dan menghindari kambing dari penyakit kulit.

memandikan kambing
foto: pixabay

Selain membersihkan kandang secara rutin, tubuh kambing juga harus dibersihkan secara rutin. Dengan begitu, kambing yang Anda ternak akan bersih dan sehat. Kambing yang sehat dapat tumbuh lebih baik dan menghasilkan daging atau susu yang berkualitas.

Memandikan kambing tidak begitu sulit, Anda hanya perlu mengetahui cara-cara dasarnya agar tidak salah atau masih terdapat beberapa bagian tubuh yang kotor. Berikut ini cara memandikan kambing yang benar.

Loading...

Perhatikan suhu di sekitar kandang

Sebelum Anda memandikan kambing, sebaiknya perhatikan suhu di sekitar kandang. Kambing sebaiknya dimandikan menjelang siang hari. Hal ini bertujuan agar kambing mendapat sinar matahari setelah dimandikan sehingga tubuh kambing jadi cepat kering.

Gunakan selang atau sprayer

Basahi kambing dengan cara disemprot menggunakan selang air atau sprayer. Setelah itu, gosokkan sabun ke seluruh tubuh badan kambing untuk menghilangkan bulu-bulu yang menempel pada bulu.

Jangan guyur kepala dan muka kambing

Anda tidak boleh mengguyur bagian kepala dan muka. Namun, pastikan bagian belakang kepala terutama di bagian seputar leher hingga antara dua tanduk terkena sabun. Hal ini karena bagian tersebut merupakan tempat kutu meletakkan telurnya dan berkembang biak. Anda juga bisa menggunakan sampo untuk melembutkan bulu kambing atau memecah gimbal pada rewos.

Bilas dengan air

Setelah semua bagian badan sudah dipastikan terkena sabun, lalu bilas dengan air bersih. Untuk kambing berkutu, sebaiknya tambahkan obat kutu ke dalam air yang digunakan untuk membilas sabun.

Baca Juga:  Penggunaan Limbah Restoran untuk Pakan Induk Ayam Penghasil Telur Tetas

Intensitas memandikan kambing

Idealnya kambing dimandikan setiap 15 hari sekali untuk induk, kecuali jika induk sedang bunting. Induk yang sedang bunting sebaiknya tidak dimandikan hingga waktunya melahirkan. Hal ini dikarenakan bisa mengganggu pertumbuhan janin dan menyebabkan keguguran. Induk baru dimandikan setelah melahirkan dengan cara disemprot bagian ekor dan rewos menggunakan air hangat yang diberi obat pengusir lalat.

Loading...
Loading...