Tips Memasak Udang yang Harus Anda Coba

Pertanianku — Olahan udang sudah pasti jadi favorit banyak orang. Rasanya yang lezat dan tekstur dagingnya yang unik membuat kuliner bahari ini diburu banyak orang. Hanya saja, tak semua orang bisa mengolah udang hingga cita rasanya maksimal. Berikut ini tips memasak udang yang bisa Anda terapkan.

tips memasak udang
Foto: pixabay

Saat memilih udang di penjual, pastikan Anda memilih udang yang masih segar. Ciri udang segar ini bisa diketahui dari beberapa hal. Tanda pertama bisa dilihat dari aroma udang yang masih segar dan tidak terlalu menyengat.

Selain itu, perhatikan pula warna udang yang masih segar. Udang yang sudah lama biasanya berwarna pudar dan tampak pucat.

Loading...

Pilih udang yang masih memiliki anggota tubuh lengkap dari kepala hingga ekor. Tekan-tekan daging udang. Udang yang baik teksturnya belum lembek.

Udang yang sudah Anda beli sebaiknya segera diolah. Udang yang masih segar memiliki cita rasa maksimal saat dimasak. Jika Anda menyimpannya dalam lemari pendingin terlalu lama, dikhawatirkan kualitasnya akan terus menurun.

Saat mengolah udang, Anda bisa menghilangkan bagian kulitnya. Penghilangan kulit ini bertujuan memudahkan saat hendak menyantapnya. Terutama, jika udang tersebut disajikan untuk anak-anak.

Siram udang dengan air panas hingga warnanya kemerahan. Setelah itu, udang akan lebih mudah untuk dikuliti.

Tips lain adalah membentuk udang menjadi melingkar. Cara ini bisa didapatkan dengan melepas bagian kepala udang. Jika Anda ingin bentuknya tetap lurus saat dimasak, bagian kepala tersebut tidak perlu dibuang.

Jangan khawatir jika kepala udang terasa tidak berguna. Anda masih bisa memanfaatkannya sebagai sumber kaldu yang tak kalah lezat. Rebus kepala udang dengan air dan api kecil. Tunggu hingga kepala berubah warna. Kaldu udang pun siap digunakan untuk menambah cita rasa masakan.

Baca Juga:  Manajemen Air Kolam Gurami yang Tepat

Jika sudah dikupas, Anda bisa membelah sedikit bagian punggung tengah udang. Tali hitam yang terdapat pada udang tersebut sebaiknya dibuang. Udang kemudian dicuci bersih untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal.

Udang yang sudah dicuci baiknya dibaluri dengan jeruk nipis. Tips ini bertujuan menghilangkan bau amis pada udang. Hindari menggosok udang dengan garam secara langsung. Sebab, udang akan bertekstur kasar.

Saat memasak udang, baik digoreng, tumis, maupun direbus sebaiknya tidak lebih dari tiga menit. Pemasakan yang terlalu lama akan mengubah cita rasa dan tekstur udang.

 

Loading...
Loading...