Tips Memasarkan Jangkrik Supaya Untung Besar

Pertanianku — Pemasaran adalah komponen yang tak bisa dijauhkan dari suatu usaha. Dengan pemasaranlah kita bisa mendapat keuntungan dari usaha yang dijalankan, termasuk usaha ternak jangkrik. Namun, bagaimana cara memasarkan jangrik supaya peternak bisa mendapat untung banyak?

cara memasarkan jangrik
Foto: Google Image

Dalam memasarkan jangkrik, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Pemasaran jangkrik juga tergantung pada lingkungan daerah tempat tinggal peternak. Jika di kota tersebut banyak pencinta hewan (khususnya pemakan serangga), jangkrik akan mudah dipasarkan.

Sebaliknya, jika di kota tersebut jarang terdapat pencinta hewan, untuk memasarkannya butuh sedikit kerja keras. Oleh karena itu, berikut beberapa cara untuk memasarkan jangkrik yang bisa Anda coba.

Loading...

1. Memasarkan ke toko burung dan makanan hewan

Salah satu cara yang cukup efektif untuk memasarkan jangkrik adalah dengan menjualnya ke toko-toko pakan hewan, khususnya toko burung. Nah, di sinilah peluang Anda untuk coba memasukkan jangkrik. Saat memasarkan ke toko-toko seperti ini, Anda harus pandai memastikan bahwa kualitas jangkrik Anda benar-benar bagus.

Pasang harga yang bersaing agar produk Anda bisa diterima dengan baik. Jika beruntung dan diterima, sebaiknya jalin komunikasi yang baik dengan pemilik toko agar Anda dipercaya sebagai supplier tetap toko tersebut.

2. Menjual atau bekerja sama dengan pengepul

Bekerja sama dengan pengepul jangkrik juga bisa Anda lakukan untuk memasarkan jangkrik. Namun, bekerja sama dengan pengepul ini juga memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri.

Kerugiannya adalah jangkrik-jangkrik Anda akan dibeli dengan harga murah (lebih rendah daripada harga pasar). Adapun keuntungannya, Anda akan disuplai bibit jangkrik untuk diternak karena memang umumnya pengepul jangkrik akan menjual bibit jangkrik dengan harga murah untuk diternak nantinya.

3. Membuka toko sendiri

Baca Juga:  Beternak Cacing Sutera, Bisnis Sampingan Untung Jutaan

Jika posisi rumah atau tempat ternak jangkrik Anda strategis, membuka toko sendiri merupakan pilihan yang bagus. Dengan membuka toko, keuntungan yang Anda dapatkan bisa maksimal karena Anda dapat menentukan harga sendiri, namun usahakan tetap bersaing. Jangan lupa untuk selalu mempromosikan toko Anda agar lebih dikenal luas oleh masyarakat.

4. Menjual di koperasi

Cara terakhir yang dapat Anda ambil untuk memasarkan jangkrik adalah dengan menjualnya di Koperasi Peternak dan Pedagang Jangkrik Indonesia atau yang disingkat KOPPJI. Harga jangkrik di sini juga tidak berbeda dengan harga di pasaran. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.

Akan tetapi, sebelum menjual jangkrik di KOPPJI, Anda harus terdaftar dahulu sebagai anggota KOPPJI. Sayangnya, koperasi ini tidak ada di seluruh kota, hanya di beberapa kota besar. Tapi, seiring berjalannya waktu, kemungkinan KOPPJI akan hadir di kota-kota kecil di Indonesia.

Loading...
Loading...