Tips Membangun Kandang Sapi Limousin


Pertanianku – Pembangunan kandang diperlukan perencanaan yang seksama. Perencanaan tersebut perlu mempertimbangkan persyaratan kandang. Adapun bentuk dan tipe kandang hendaknya disesuaikan dengan lokasiberdasarkan agroekosistemnya, pola atau tujuan pemeliharaan, dan kondisi fisiologis ternak. Berikut pertimbangan persyaratan umum yang harus dipenuhi.

Membangun Kandang Sapi Limousin

  1. Tata letak

Tata letak dalam pembangunan kandang sangat diperlukan. Selain untuktempat memelihara ternak, ada sarana pendukung lainnya sehingga tata  letaknya harus sesuai dengan peruntukannya dan memudahkan dalam operasionalnya.

Penataan kandang dengan perlengkapannya hendaknya dapat memberikan kenyamanan pada ternak serta memudahkan kerja bagi petugas dalam memberi pakan dan minum, pembuangan kotoran, dan penanganan kesehatan ternak.

  1. Bahan kandang

Pemilihan bahan kandang hendaknya disesuaikan dengan kemampuanekonomi dan tujuan usaha, seperti jangka panjang, menengah, atau  pendek. Pemilihaan bahan kandang hendaknya minimal tahan untuk jangka waktu 5—10 tahun dengan memanfaatkan dari bahan-bahan lokal yang banyak tersedia.

  1. Konstruksi kandang

Pembuatan kandang sangat tergantung dari kebutuhan dan besarnya dana. Namun, konstruksi kandang harus kuat, mudah dibersihkan, mempunyai sirkulasi udara yang baik, tidak lembap, dan mempunyai tempat penampungan kotoran beserta saluran drainasenya. Konstruksi kandang juga harus mampu menahan beban benturan dan dorongan yang kuat dari ternak serta menjaga keamanan ternak dari pencurian. Kandang untuk ternak skala besar dan modal besar tentu konstruksinya kuat dan bagus. Namun, ada juga tipe kandang yang menuntut konstruksi sedikit berbeda.

Pembuatan kandang juga harus memperhatikan kebutuhan hidup ternak yang dipelihara. Dengan demikian, kondisi lingkungan kandang harus mampu menjaga agar suhu normal sapi tidak terpengaruh dari berbagai perubahan iklim dan cuaca. Adapun suhu tubuh sapi sehat berkisar 38—39o C.

 

Sumber: Buku Beternak Sapi Limousin

Baca Juga:  Lebih Sehat Daging Kambing atau Daging Domba? Ini Jawabannya!

 

loading...
loading...