Tips Membedakan Ikan Koi Lokal dan Impor

Pertanianku – Bagi sebagian hobiis yang gemar memelihara ikan koi, memelihara ikan koi dari anakan lebih banyak dipilih karena dianggap lebih mudah ketika dipelihara ketimbang membeli ikan koi yang sudah besar. Terlebih anakan ikan koi sangat terjangkau.

Tips Membedakan Ikan Koi Lokal dan Impor

Namun Anda yang pemula pasti kita akan kebingungan memilih anakan ikan koi yang berkualitas. Walaupun memelihara ikan koi hanya untuk dinikmati sendiri tidak untuk diikut sertakan dalam kontes namun tentunya Anda menginginkan ikan koi yang dipelihara adalah ikan koi yang berkualitas bagus.

Loading...

Kita dapat memilih dan membeli ikan koi di pasar ikan atau dipeternak ikan koi. Namun, dari segi harga tentunya berbeda. Ikan koi di pasar ikan tentunya lebih murah jika dibandingkan harga ikan koi di peternak. Perbedaan harga ini disebabkan karena biasanya kualitas ikan koi di peternak lebih bagus jika dibandingkan dengan di pasar ikan. Namun bukan berarti bahwa ikan koi dipasar ikan semuanya jelek. Jika Anda memilihnya dengan cermat maka bisa mendapat ikan koi di pasar ikan dengan kualitas bagus namun dengan harga lebih murah. Lalu bagaimana cara kita memilih anakan ikan koi yang berkualitas? berikut beberapa tips memilih dan membeli ikan koi berkualitas.

Berikut cara membedakan antara ikan koi lokal dan koi impor?

  • Warna koi lokal kurang tajam dibandingkan dengan koi impor.
  • Warna koi impor lebih murni dibandingkan dengan koi lokal. Misalnya,warna putih pada koi impor tidak pudar atau tidak kekuningan.
  • Bentuk tubuh koi lokal agak pipih, sedangkan koi impor bentuk tubuhnya lebih bulat tetapi tidak tampak gemuk.
  • Sifat koi lokal lebih liar dibandingkan dengan koi impor. Buktinya, koi impor lebih gampang ditangkap dibandingkan dengan koi lokal.

 

Loading...
Loading...