Tips Membeli Anthurium agar Tidak Kecewa

Pertanianku — Anthurium selalu menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan, mulai dari hobiis skala rumah tanggga hingga skala pengusaha besar. Untuk Anda penggemar baru tanaman anthurium, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli anthurium. Simak ulasannya di bawah ini.

membeli anthurium
foto: Pixabay

Waspadai penanaman lokal anthurium

Hingga saat ini masih kerap ditemui jenis anthurium yang sama, tetapi memiliki nama berbeda. Misalnya, ada beberapa orang yang menyebut anthurium golok, tetapi ada juga yang menyebutnya dengan anthurium pedang atau anthurium tombak. Oleh karena itu, Anda harus mengenal dengan jelas ciri-ciri tanaman. Selain itu, jangan terlalu berpatokan terhadap penamaan lokal.

Cari informasi tentang nurseri dan jenis anthurium

Sebelum membeli anthurium, Anda harus mencari informasi tentang nurseri melalui majalah pertanian, buku, atau katalog yang diberikan oleh nurseri itu sendiri atau penerbit buku. Informasi tersebut berguna memudahkan Anda mengambil keputusan. Pasalnya, saat ini makin banyak penjual tanaman hias mulai dari skala kios kecil di pinggir jalan hingga nurseri besar.

Pilih nurseri tepercaya

Sebaiknya, pilih nurseri tepercaya dan sudah tersertifikasi untuk setiap tanaman yang dijualnya, terutama untuk tanaman remaja, dewasa, dan indukan. Sertifikasi tanaman bisa didapat dari Persatuan Florikultura Indonesia (PFI), Asosiasi Tanaman Hias Indonesia (ATHI), atau Departemen Pertanian bagian Hortikultura. Akan lebih bagus, bila nurseri tersebut memiliki tanaman yang pernah memenangkan kontes atau anakan jawara sehingga kemampuannya dalam merawat anthurium sudah terbukti.

Pilihlah jenis anthurium yang cocok

Jenis anthurium berbeda-beda. Penilaiannya sangat subjektif atau bergantung pada selera masing-masing. Ada yang menyukai daun berlekuk-lekuk, tetapi ada juga yang menyukai anthurium dengan daun kompak, seperti Anthurium jenmanii.

Gali informasi tentang tanaman yang akan dibeli

Baca Juga:  Pemangkasan Belimbing yang Tidak Membuat Tanaman Merana

Anda harus menggali informasi tentang tanaman yang akan dibeli secara lengkap, mulai dari asal, jenis, cara merawat, dan informasi penting lainnya. Hal ini agar tanaman dapat tumbuh dengan baik karena tanaman mendapatkan perawatan yang tepat.

Hati-hati membeli anthurium di internet

Saat ini, memang semakin mudah untuk membeli anthurium via daring. Transaksinya juga lebih sederhana. Namun, Anda harus lebih waspada ketika memutuskan untuk membeli dari internet.