Tips Membeli Benih Tomat di Pasaran

Pertanianku — Ada dua cara untuk mendapatkan benih tomat, yaitu dengan membelinya di pasaran atau menyiapkannya sendiri dari biji tomat yang Anda miliki. Hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan membelinya langsung di toko pertanian. Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli benih tomat. Hal tersebut dikarenakan banyaknya jenis benih yang tersebar di pasaran. Berikut ini beberapa indikator yang harus Anda perhatikan saat membeli benih tomat.

membeli benih tomat
foto: pixabay

Vigor benih

Salah satu kelebihan benih hibrida yang diunggulkan dibanding benih OP adalah superioritasnya dalam hal vigor atau pertumbuhan. Benih hibrida memiliki kemampuan vigor yang sangat baik sehingga dapat menghasilkan tanaman dengan pertumbuhan dan waktu panen yang lebih seragam. Dengan kata lain, jika Anda ingin mendapatkan tanaman tomat yang mampu tumbuh waktu dengan baik, pilihlah benih tomat hibrida.

Loading...

Selain itu, benih hibrida terkenal tangguh untuk beradaptasi pada lingkungan, baik secara iklim maupun kondisi tanah. Hal ini sangat memudahkan Anda yang baru saja mulai menanam tomat.

Harga

Benih hibrida memang memiliki keunggulan yang sangat menggiurkan. Namun, untuk menghasilkan benih hibrida membutuhkan proses yang panjang agar mendapatkan benih yang baik. Oleh karena itu, biasanya harga benih hibrida jauh lebih mahal dibanding benih OP. Harga tersebut berkaitan dengan biaya pembuatan dan riset sehingga dapat menghasilkan benih yang unggul.

Para hobiis lebih senang memilih benih hibrida dan rela membayar harga yang lebih tinggi. Bagi mereka, tanaman yang dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah sudah menjadi kepuasan tersendiri. Hasilnya pun jarang diperjualbelikan, hanya dikonsumsi pribadi sehingga mereka tidak akan merasa rugi.

Sementara, para petani yang menanam tomat untuk skala bisnis akan berpikir dua kali untuk menggunakan benih hibrida. Ini karena hasil yang didapat tidak akan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Baca Juga:  Tips Membuat Taman Sayur di Pekarangan

Ketahanan penyakit

Menggunakan benih yang tahan dari penyakit tentunya akan memudahkan para pehobi untuk merawat tanaman. Biasanya, para penjual bibit akan memberikan label ‘lebih tahan terhadap penyakit’ pada kemasannya. Namun, hal tersebut tidak bisa menjadi bukti bahwa benih tersebut memang benar-benar tahan penyakit. Anda tetap perlu melakukan proses pemeliharaan yang benar agar benih tidak diserang oleh hama dan penyakit.

Loading...
Loading...