Tips Membeli Bibit Itik yang Bagus

Pertanianku— Biasanya peternak anak itik akan menjual ternaknya saat berumur satu minggu, tidak seperti anak ayam ras yang dijual ketika berumur satu hari. Hal ini karena itik berumur satu hari memiliki daya tahan tubuh yang lemah sehingga tidak bisa dikirim ke tempat jauh. Ada beberapa pertimbangan saat Anda ingin membeli bibit itik untuk menghindari kerugian akibat bibit itik mati atau sakit. Simak ulasannya berikut ini.

bibit itik
foto: Pertanianku

Ketahui ciri-ciri bibit itik yang baik

  • Mata terlihat bersih dan bersinar serta matanya mirip seperti mata katak. Anak itik yang memiliki kondisi mata seperti ini diprediksi memiliki produktivitas telur yang baik.
  • Bagian kepala tampak ramping dan menyudut dengan paruh relatif panjang dan simetris.
  • Penampakan badan antara kepala, leher, badan, dan kaki terlihat proporsional. Tidak ada bagian yang terlihat lebih kecil atau lebih panjang.
  • Pada bagian dada terlihat menonjol tidak rata atau gepeng dan temboloknya tampak menonjol.
  • Bagian kloaka atau dubur terlihat bersih dan tidak dijumpai adanya kotoran yang melekat.
  • Kaki tampak kuat dan tidak terdapat kelainan.
  • Anak itik terlihat lincah bergerak dengan leluasa dan memiliki nafsu makan yang tinggi.
  • Anak itik juga terlihat aktif dan selalu mengeluarkan suara dengan sesekali mengibaskan kedua sayapnya.

Pilih bibit itik betina sebagai itik petelur

Jika Anda bertujuan memelihara itik sebagai petelur, pilih itik betina lebih banyak dibanding jantan. Oleh karena itu, Anda harus mampu membedakan kelamin DOD (day old duck).  Membedakan kelamin dapat dilakukan dengan metode seksing seperti pada ayam ras.

Metode seksing dilakukan dengan menekan bagian yang lunak pada bagian pangkal kloaka, lalu peras sedikit dengan ibu jari dan telunjuk menuju ke ekor sampai ke bagian belakang. Saat itu kloaka akan terbuka dan akan tampak bagian organ kopulasi. Jika ditemui organ reproduksi yang menyerupai spiral (phallus), DOD ini berkelamin jantan. Sementara itu, pada DOD betina tidak ditemukan organ tersebut.

Baca Juga:  Membuat Pupuk Organik Cair dari Urine Sapi

Membeli itik remaja

Di kalangan peternak itik, itik remaja lebih sering digunakan untuk peremajaan dibanding DOD. Hal ini dikarenakan itik remaja jauh lebih mudah dipelihara. Itik remaja yang bagus memiliki mata yang bersinar, bersih, dan tampak seperti mata katak. Bagian paruh simetris dan relatif panjang, badan terlihat kompak tegak dan bagian dadanya terlihat meruncing, serta di bagian duburnya terlihat membesar.