Tips Membeli DOC Unggulan

Pertanianku — Salah satu faktor kesukesan dalam beternak ayam ialah pemilihan DOC ayam yang tepat. Dalam hal ini, Anda peternak pemula tentu memerlukan tips membeli DOC unggulan agar nantinya hasil peternakan maksimal dan memberi keuntungan sesuai harapan. Yuk, simak tips-tips berikut ini.

tips membeli DOC unggulan
Foto: Pixabay

Berasal dari badan usaha yang memiliki lisensi

Hanya ada 6 badan usaha yang memiliki lisensi ayam Sensi dan KUB, yaitu PT Sumber Unggas Indonesia di Cogreg, Bogor; Warso Unggul Farm di Tangkil, Bogor; Dedi Farm di Gunung Endut, Sukabumi; BUMT Tiyuh di Tulang Bawang Barat, Lampung; DnR Farm di Ciampea, Bogor; dan PT ISFIN di Sleman, Yogyakarta. Selain badan usaha tersebut, patut dipertanyakan keaslian DOC-nya.

Loading...

Memiliki sertifikasi layak bibit

Berdasarkan Undang-Undang No. 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Pasal Ayat 5, setiap benih atau bibit yang beredar wajib memiliki sertifikat benih atau bibit yang memuat keterangan mengenai silsilah dan ciri-ciri keunggulannya. Sayangnya, baru satu perusahaan yang memiliki Sertifikasi Keterangan Layak Bibit, yaitu Sumber Unggas Indonesia.

Menerapkan good breeding practice

Perusahaan yang memproduksi DOC wajib menerapkan pembibitan yang baik atau dikenal dengan isitilah Good Breeding Practice (GBP). Dalam mendukung produksi ayam kampung yang baik, Menteri Pertanian mengeluarkan kebijakan peraturan No. 49/Permentan/OT.140/10/2006 tentang Pedoman Pembibitan Ayam Lokal yang Baik. Tujuannya adalah menjamin pelestarian dan pemanfaatan keberlanjutan sumber daya genetik ayam asli dan ayam lokal.

Memiliki kompartemen bebas penyakit avian influenza (flu burung)

Industri perunggasan nasional masih mengalami permasalahan serius terkait merebaknya penyakit flu burung. Penyakit ini sifatnya menular dan mematikan. Kompartemen dan zinifikasi merupakan salah satu solusi penting yang telah mendapatkan rekomendasi dari Office Internationale de Epizooticae (OIE). Saat ini, di Indonesia, satu-satunya perusahaan yang memiliki kompartemen bebas AI adalah Sumber Unggas Indonesia.

Baca Juga:  5 Pakan Alternatif Lele yang Murah dan Mudah Didapatkan

Melakukan vaksinasi

Setiap peternak wajib mengetahui dan menerapkan bahwa setiap ternak diberikan vaksin. Manusia saja sejak kecil diberi vaksin, apalagi hewan yang hidupnya sangat dekat dengan kotoran. Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang telah melakukan vaksin pada DOC. Idealnya vaksin yang diberikan adalah vaksin Tetelo (ND) dan vaksin pernapasan (IB).

Loading...
Loading...