Tips Membeli DOD Itik Lokal Berkualitas

Pertanianku — DOD (day old duck) itik lokal seperti itik mojosari, tegal, lombok, dan alabio masih kurang begitu populer. Hal ini karena masih sedikit perusahaan pembibitan yang memproduksi DOD itik lokal secara serius dalam jumlah besar. Namun, Anda tetap bisa membeli DOD itik lokal dari beberapa pembibitan yang membibitkan itik lokal dalam skala kecil.

DoD iti lokal
foto : http://lampung.litbang.pertanian.go.id/

Pembibitan itik membutuhkan mesin tetas dengan skala besar untuk menghasilkan DOD dalam jumlah besar. Namun, para peternak lokal biasanya hanya memiliki mesin tetas kecil sehingga jumlah yang dihasilkan relatif lebih sedikit.

Para penjual itik biasanya menjual anak itik yang baru berumur satu minggu seperti halnya anak ayam ras. Hal tersebut karena anak itik yang baru lahir masih rentan dan tidak bisa dikirim ke suatu daerah yang cukup jauh. Untuk menghindari kerugian yang disebabkan oleh kematian anak itik, peternak lebih memilih untuk membeli anak itik yang sudah berumur satu minggu atau lebih.

Loading...

Saat membeli DOD, sebaiknya pilih yang berkualitas agar mendapatkan itik yang sehat dan produktif. Pasalnya, DOD merupakan modal utama dalam usaha beternak itik.

Para peternak bisa mengidentifikasi bibit yang baik dari penampilan fisik DOD tersebut. Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat Anda ingin membeli DOD itik lokal.

  • Mata itik terlihat bersih dan bersinar. Anak itik yang baik memiliki kemungkinan cukup besar untuk memiliki produktivitas telur yang unggul dilihat dari matanya seperti mata katak.
  • Bagian kepala terlihat ramping dan menyudut dengan paruh relatif panjang dan simetris.
  • Penampakan fisik mulai dari kepala, leher, badan, dan kaki terlihat proporsional.
  • Pada bagian dada terlihat menonjol tidak rata atau gepeng, dan di bagian tembolok terlihat menonjol.
  • Kloaka atau dubur terlihat bersih dan tidak dijumpai kotoran yang melekat di sekitarnya.
  • Kaki terlihat kuat dan tidak memiliki kelainan.
  • Lincah, bergerak leluasa, dan memiliki nafsu makan yang tinggi.
  • Aktif dan selalu bersuara, anak itik yang bagus juga sesekali mengibaskan kedua sayapnya.
Baca Juga:  Sifat Alami Kelinci yang Jarang Diketahui

Jika tujuan pemeliharaan untuk mendapatkan telur itik, jumlah itik betina yang dipelihara harus lebih banyak. Namun, Anda tetap membutuhkan itik pejantan.

 

Loading...
Loading...