Tips Membeli Ikan Hias Air Laut yang Berkualitas


Pertanianku – Toko ikan hias yang menyedikan aneka ragam ikan hias air laut memang tidak sebanyak ikan hias air tawar. Untuk itu, sebelum membelinya, pastikan dahulu tempat yang benarbenar menyediakan ikan hias air laut berkualitas. Pilih ikan yang berasal dari akuarium yang bersih, jernih, dan tidak ada ikan yang sakit atau mati. Lihat pula kesehatan ikan, apakah ada penyakit, luka, atau gejala-gejala tidak sehat lainnya.

Beli Ikan Hias Air Laut yang Berkualitas

Gaya berenang dan kelincahannya pun bisa dijadikan patokan bahwa ikan hias air laut yang akan dipilih sehat atau tidak. Untuk itu, sebaiknya tidak memilih yang terlihat pemalu dan perhatikan juga cara makannya. Ikan yang sehat dan tidak stres biasanyasegera memakan pakan yang diberikan.

Sama halnya dengan membeli ikan, dibutuhkan kehatihatian dan kecermatan saat membeli koral atau anemon laut. Sebelum membeli, sebaiknya perhatikan tingkat kecerahan warna dari koral atau anemon yang dipajang dalam akuarium display. Jangan beli koral atau anemon yang warnanya sudah sedikit memutih. Selain itu, pilihlah yang sudah mengembang karena menandakan sudah mampu beradaptasi dan ketika dipindahkan ke akuarium di rumah bisa cepat mengembang.

Setelah menentukan pilihan, minta kepada penjual untuk segera mengemasnya dan pastikan penjual memahami karakteristik dari koral dan anemo yang akan dibeli. Misalnya, bila koral yang dipilih tergolong jenis yang sensitif terhadap sentuhan tangan, penjual tidak akan mengambilnya menggunakan tangan.

 

Sumber: Buku 200 Tips Merawat Ikan Hias Di Rumah

 

Baca Juga:  Indonesia Siap Merajai Pasar Ikan Hias Dunia
loading...
loading...