Tips Membeli Kambing Etawa yang Bagus

Pertanianku — Saat membeli kambing Anda pasti menginginkan kambing terbaik. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kriteria kambing etawa yang bagus saat Anda ingin membelinya. Berikut ini kriteria yang harus Anda pertimbangkan pada saat ingin membeli kambing etawa.

membeli kambing etawa
foto: pertanianku

Pola warna tubuh

Pola warna tubuh kambing etawa bervariasi, mulai dari putih, hitam, dan cokelat. Selain warna, bentuk polanya pun sangat beragam, bentuk pola yang paling umum dijumpai adalah putih-hitam atau cokelat-putih. Pola warna tersebut sangat digemari oleh pencinta kambing, apalagi jika pola dasar badan putih dengan warna kepala hitam legam.

Bentuk telinga dan kepala

Anda bisa menilai kualitas kambing etawa saat membeli kambing etawa dari bentuk telinga dan kepalanya. Pola telinga yang bagus bagi kambing etawa adalah yang menjuntai ke bawah, lemas, dan panjang. Semakin panjang telinga kambing, kualitas kambing tersebut semakin bagus. Panjang ideal untuk telinga kambing adalah 25—35 cm.

Sementara itu, untuk bentuk kepala yang bagus adalah cembung seperti lingkaran jika Anda lihat dari samping. Kambing yang bagus juga memiliki rahang yang kuat.

Pola tubuh

Tubuh kambing etawa yang bagus dilihat dari ukuran tubuhnya. Semakin besar tulang pada kambing, kemungkinan untuk tumbuh kembang kambing akan maksimal. Hal ini merupakan cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah kambing etawa tersebut berkualitas atau tidak. Anda bisa menekan risiko salah membeli kualitas kambing di pasar dengan cara ini.

Postur badan kambing etawa kontes

Ada beberapa ciri kambing etawa kontes dilihat dari postur badan. Posturnya tinggi, memanjang, besar, dan padat seimbang. Jika tampak dari depan dan belakang, ukurannya sama-sama besar dan ideal. Pola warna memiliki keserasian antara 2—3 warna dalam tubuh kambing sehingga bisa menghasilkan nilai seni yang indah. Bulu terlihat bersih, mengilat, dan lebat merata ke seluruh badan.

Baca Juga:  Ramuan Herbal untuk Mengatasi Skabies pada Kambing

Bagian tanduk kambing terlihat besar, kokoh, dan pipih serta divariasi dengan melingkar ke samping atau mengarah ke depan. Bagian ekor kambing berbonggol tebal, panjang, dan berdiri tegak dengan variasi bulu yang lebat. Kaki terlihat kokoh besar dan serasi. Sementara itu, pada bagian testis berukuran sedang dengan variasi bentuk W. Untuk betina, ambing harus terlihat besar dan lentur dengan variasi puting yang sama.

 

 


loading...