Tips Memberikan Pakan Ikan Lele

Pertanianku— Pemberian pakan ikan lele sebaiknya diatur dengan benar. Hal ini karena pemberian pakan yang terlambat dapat menyebabkan pertumbuhan ikan terhambat dan menyebabkan kanibalisme antarikan. Semua kemungkinan tersebut bisa dihindari dengan pemberian pakan yang rutin. Pemberian pakan harus memperhatikan waktu dan jumlah yang perlu disesuaikan dengan sifat hidup ikan lele.

pakan ikan lele
foto: Trubus

Umumnya, ikan lele aktif pada malam hari sehingga pemberian pakan sebaiknya dilakukan menjelang sore dan malam hari. Komposisi pemberian pakan dapat dilakukan dengan pembagian 20 persen pagi hari, 10 persen siang hari, 20 persen sore hari, dan 50 persen malam hari. Frekuensi pemberian bisa dilakukan sebanyak 4–5 kali, bergantung pada kebutuhan.

Pada pagi hari, pemberian pakan bisa dilakukan pukul 07:00, siang hari pukul 12:00, sore hari pukul 17:00, dan malam hari pukul 21:00–22:00.

Berikut ini tips memberikan pakan ikan lele.

Ukuran pakan

Berikan pakan sesuai dengan ukuran ikan. Bila ukuran tidak sesuai, misalnya kebesaran, kemungkinan besar ikan tidak bisa memakan pakan yang diberikan. Semakin besar tubuh ikan, akan semakin besar pula diameter pakan yang diberikan.

Konsisten

Pemberian pakan harus dilakukan secara konsisten. Misalkan, bila frekuensi pemberian pakan tiga kali sehari, pola tersebut sebaiknya dilakukan secara konsisten, jangan diubah apalagi dikurangi.

Hujan

Hindari pemberian pakan ketika sedang hujan.

Pemberian pakan

Pakan diberikan sedikit demi sedikit hingga ikan kenyang. Apabila pakan sudah banyak mengambang di permukaan kolam, kemungkinan besar ikan lele sudah kenyang, apalagi bila ikan terlihat tidak merespons dengan cepat pakan yang diberikan. Artinya, Anda sudah harus menghentikan pemberian pakan.

Penggunaan pakan alternatif

Pakan alternatif sering digunakan untuk mengefisiensikan biaya pakan. Namun, pemberian pakan alternatif seperti ayam tiren, sosis apkir, jeroan ayam, atau bekicot sebaiknya dilakukan saat ikan berumur minimal 10 cm. Pakan tersebut sebaiknya direbus terlebih dahulu, kemudian dicacah. Setelah itu, pakan baru bisa diberikan kepada ikan lele.

Baca Juga:  Lele, Ikan Air Tawar Kaya Nutrisi