Tips Memberikan Pakan Ikan Nila yang Tepat dan Menguntungkan

    Pertanianku — Pakan adalah faktor penting dalam proses pemeliharaan karena merupakan sumber energi yang memengaruhi pertumbuhan, produksi, kesehatan, serta reproduksi ikan. Dalam rangkaian pemeliharaan ikan, biaya pakan mendominasi hampir 70 persen biaya produksi sehingga perlu untuk Anda ketahui cara memberi pakan ikan nila yang efisien sehingga tujuan bobot terpenuhi dengan harga pakan ikan nila yang terbilang murah.

    pakan ikan nila
    foto: pertanianku

    Tepat jenis

    Jenis pakan yang akan digunakan harus disesuaikan dengan tujuan budidaya. Jika ingin menghasilkan ikan nila siap konsumsi dalam waktu yang cepat, dapat menggunakan pakan yang mengandung enzim dengan bahan aktif papain. Enzim papain berfungsi untuk mencegah gonad ikan berkembang secara normal.

    Loading...

    Gonad yang tidak berkembang akan menyebabkan ikan tidak menjadi induk sehingga energi yang seharusnya digunakan untuk reproduksi malah akan digunakan untuk pertumbuhan. Dengan begitu, pertumbuhan ikan pun menjadi lebih cepat.

    Tepat kualitas

    Pakan yang diberikan untuk ikan harus dalam kualitas baik, tidak mengandung bakteri ataupun jamur yang dapat mengganggu kesehatan ikan. Ciri-ciri pakan yang baik adalah tidak mudah hancur di dalam air, untuk jenis pakan tenggelam yang berkualitas tidak akan cepat turun sampai ke dasar, memiliki aroma yang dapat merangsang nafsu makan ikan, dan dapat disimpan maksimum selama dua bulan.

    Tepat jumlah

    Pemberian pakan dalam satu hari harus disesuaikan dengan biomassa ikan yang dipelihara. Sebaiknya, gunakan pakan terapung dengan jumlah pemberian sebanyak 2—3 persen per hari dari biomassa ikan.

    Tepat ukuran

    Pakan yang diberikan harus sesuai dengan ukuran bukaan mulut ikan untuk memudahkan ikan makan serta meningkatkan nafsu makan. Pakan yang digunakan untuk benih berukuran 30—50  dengan diameter 2 mm. Selanjutnya, dinaikkan lagi besaran pakan menjadi berdiameter 3 mm.

    Baca Juga:  Kunci Sukses Budidaya Ikan Nila

    Tepat cara

    Teknik pemberian juga harus disesuaikan dengan sifat biologi ikan. Ikan nila merupakan ikan berusus pendek sehingga pemberian pakan harus dilakukan sedikit demi sedikit. Namun, pemberiannya lebih sering dibanding ikan berusus besar.

    Tepat waktu

    Pemberian pakan harus konsisten dan tidak boleh terlambat. Frekuensi pemberian pakan dalam sehari cukup tiga kali, yaitu pada pagi hari (08.00), siang (12.00), dan sore hari (16.00). Untuk mengefisiensikan biaya pakan, belilah pakan dalam jumlah banyak dan disimpan dengan baik agar kualitas pakan tetap terjaga.

     

    Loading...
    Loading...