Tips Memberikan Pakan Itik pada Fase Layer

Pertanianku — Masa pertumbuhan itik pada fase layer sangat erat kaitannya dengan berat badan. Oleh karena itu, pemberian pakan itik menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Kebutuhan pakan itik pada fase layer sebanyak 120 gram/ekor/hari.

pakan itik
foto: pertanianku

Jika dalam satu kelompok sudah terdapat satu itik yang bertelur, jumlah pakan ditambah menjadi 130—150 gram/ekor/hari. Jika pakan yang diberikan bermutu sedang, jumlah pakan yang diberikan lebih banyak.

Berikut ini beberapa tips saat memberikan pakan itik pada fase layer agar tepat dan optimal sehingga Anda bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Perhatikan mutu

Mutu pakan akan berpengaruh terhadap banyaknya pakan yang diberikan. Mutu pakan dapat ditentukan oleh kadar protein dan asam amino. Semakin tinggi mutu pakan, semakin sedikit jumlah pemberiannya dibandingkan dengan pakan yang bermutu rendah. Jumlah pakan yang diberikan pada pakan bermutu rendah harus lebih banyak.

Jenis bahan pakan dan daya cerna

Anda juga harus memerhatikan jenis bahan pakan yang digunakan dan dicocokkan dengan daya cerna yang dimiliki oleh itik. Setiap bahan pakan memiliki kadar nutrisi serta daya cerna yang berbeda-beda, bergantung pada tekstur yang dimiliki oleh bahan tersebut.

Ukuran dan perlakuan

Bahan pakan dalam bentuk tepung umumnya lebih mudah dicerna dibandingkan pakan berbentuk pelet. Sementara, bahan pakan yang direbus atau dikukus akan memudahkan itik untuk mencernanya dibanding tidak dikukus.

Kondisi fisik bahan pakan

Bahan pakan yang mengalami proses pengeringan yang kurang sempurna menyebabkan pakan lebih mudah berjamur atau busuk. Hal ini harus Anda perhatikan dengan benar. Pasalnya, makanan yang busuk atau berjamur akan menghambat sistem pencernaan itik dan bahkan dapat menyebabkan keracunan.

Baca Juga:  Beternak Itik dengan Cara Tradisional, Untung atau Rugi?

Jenis itik serta ukuran tubuh

Jenis itik dan ukuran tubuh yang lebih besar akan memerlukan pakan yang lebih banyak dibanding itik berukuran lebih kecil. Demikian pula pada itik yang memiliki tingkat produksi tinggi pasti membutuhkan pakan yang lebih banyak.

Kondisi lingkungan

Musim ternyata juga memengaruhi pemberian pakan. Biasanya pada musim hujan, itik akan mengeluarkan banyak energi untuk menghangatkan tubuhnya. Pada saat itu itik akan membutuhkan pakan yang lebih banyak.


loading...