Tips Memberikan ZPT yang Tepat

Pertanianku — Zat pengatur tumbuh atau ZPT seringkali digunakan untuk merangsang pohon agar cepat tumbuh atau berbuah. Saat ini sudah banyak ZPT yang bisa ditemui dengan mudah di toko pertanian atau marketplace. Namun, sayangnya masih banyak yang kurang memahami cara memberikan ZPT yang benar agar tidak sia-sia sehingga pemberian tersebut bisa berdampak pada tanaman. Simak beberapa tips memberikan ZPT.

cara memberikan ZPT
foto: Pertanianku

Perhatikan kondisi tanaman

Pemberian ZPT tidak bisa dilakukan sembarangan, apalagi sampai tidak memerhatikan kondisi tanaman. Tanaman yang akan diberikan harus dipastikan sedang subur dan siap untuk tumbuh.

Ibaratnya, Anda harus memiliki kondisi tubuh yang sehat untuk dipacu untuk tumbuh. Tubuh tidak bisa dipacu ketika dalam keadaan sakit. Anda harus mengobatinya terlebih dahulu hingga pulih. Jika tanaman sedang terserang penyakit atau hama, obati pohon tersebut terlebih dahulu hingga benar-benar pulih dan subur.

Gunakan dosis yang tepat

Meskipun ZPT berguna untuk merangsang pertumbuhan tanaman, ZPT tidak bisa diberikan dengan dosis tinggi. Biasanya, dosis yang digunakan cukup sedikit saja. Anda bisa mengetahui besaran dosis yang digunakan melalui kemasan. Setiap kemasan ZPT mencantumkan anjuran dosis yang harus digunakan. Ada banyak efek yang bisa ditimbulkan jika dosis yang digunakan berlebihan.

Gunakan jenis ZPT yang benar

Ada ZPT yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan tanaman. Ada juga yang berfungsi untuk merangsang pembungaan dan pembuahan. Anda harus sesuaikan jenis ZPT yang akan digunakan dengan tujuan yang diinginkan. Misalnya, ZPT dekamon berfungsi sebagai perangsang tumbuhnya tunas-tunas baru dan meningkatkan metabolisme sehingga penyerapan pupuk menjadi lebih efisien.

Lakukan dengan pemupukan dan pengairan yang intensif

Anda tidak bisa hanya bergantung pada ZPT. Anda harus tetap memberikan pemupukan serta pengairan secara intensif agar pertumbuhan pohon bisa berjalan dengan baik. Pemberian ZPT yang tidak diiringi dengan pemupukan dan pengairan malah akan membuat tanaman menjadi sakit.

Baca Juga:  Kiat Sukses Budidaya Kopi Organik

Sebenarnya, ZPT merupakan jalan terakhir yang seharusnya Anda pilih ketika tanaman tidak kunjung tumbuh atau berbuah setelah dilakukan perawatan yang intensif.


loading...